PENGEMBANGAN MEDIA E-FLASHCARD BERKELLAS (BELAJAR KELILING & LUAS) BERBASIS QR-CODE KELAS V UPT SDN DOROMUKTI

Authors

  • Al Fatin Nisa Universitas PGRI Ronggolawe
  • Novialita Angga Wiratama Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Pembelajaran, E-Flashcard, QR-Code, ADDIE

Abstract

Tujuan pengkajian ini guna menghasilkan dan mengembangkan produk berupa media e-flashcard berkellas (belajar keliling & luas) berbasis qr-code pada kelas V yang valid, praktis dan efektif. Jenis kajian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek pengkajian terdiri dari peserta didik kelas V sejumlah 26 anak, guru kelas V UPT SDN Doromukti juga tiga validator. Data dikumpulkan melalui beberapa instrumen antara lain lembar observasi, lembar wawancara peserta didik dan guru, lembar validasi ahli, kuesioner respon peserta didik dan guru serta lembar tes peserta didik. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dimana data yang terkumpul akan dikaji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Pengkajian ini menghasilkan media e-flashcard berkellas berbasis qr-code yang sangat layak untuk dipergunakan berdasarkan perolehan nilai persentase dari  ahli media 92,5%, ahli materi 95,5% dan ahli bahasa 91,4% yang masing-masing mencapai kriteria sangat valid. Perolehan data keefektifan dari tes peserta didik sebesar 84,61% dengan kategori sangat efektif. Kemudian, perolehan data kepraktisan dari kuesioner respon peserta didik 95,38% dan respon guru 96% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan perolehan data, dapat ditarik kesimpulan bahwasannya media e-flashcard berkellas berbasis qr-code yang telah mencukupi syarat kriteria valid, praktis dan efektif sebagai media pembelajaran.

References

Anggraini, Y. (2021). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.171

Ariani, Y., & Kenedi, A. K. (2018). Model Polya Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume Di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 25–36. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2520

Arsyaf, F., Usman, H., Aunurrahim, M., & Yulianingsih, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran e-Flashcard Berbasis Website untuk Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(3), 349–357. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.756

Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dellia, P., Mutiatun, S., & Amil, A. J. (2022). Pengembangan Augmented Reality Museum Cakraningrat Bangkalan Berbasis Qr-Code. Jurnal Teknoinfo, 16(2), 354–363. https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.1915

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129.

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20

Nazulhaq, S. F., & Wiratama, N. A. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding SNasPPM UNIROW, 8(1), 641–650.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Permata, R., Rohana, & Surmilasari, N. (2023). Pengembangan Pembelajaran E-Flashcard pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(2), 419–430. https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15568

Rahayu, A. P., & Wiratama, N. A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BARUANG ( BELAJAR BANGUN RUANG ) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN GAJI V KECAMATAN KEREK. Prosiding SNasPPM UNIROW, 8(1), 228–237.

Saputri, A. K., & Wiratama, N. A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA KOSERI PINTAR ( KOTAK MISTERI PINTAR ) PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI JARING-JARING MAKANAN. Prosiding SNasPPM UNIROW, 8(1), 238–247.

Sugiana, D., & Muhtadi, D. (2019). Augmented Reality Type QR Code : Pengembangan Perangkat Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 135–140.

Wangi, I. D. A. N. P., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran EFlashcard Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 150–159. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32355

Wiratama, N. A. (2021). Pengembangan Media Flashcard Pada Siswa Kelas IV SDN Bendo 2 Kota Blitar Subtema Hewan Dan Tumbuhan. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5, 509–516.

Yuanta, F. (2021). Pengembangan Media Animasi Berbasis Microsoft PowerPoint Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–8.

Downloads

Published

2025-01-03