IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN 3 WORO
Keywords:
Implementasi, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Kemahiran Berbicara SiswaAbstract
Menggunakan penelitian tindakan di kelas dengan seorang guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X adalah metodologi penelitian yang digunakan. Sebelum dan sesudah metode ilmiah dipraktikkan, informasi dikumpulkan melalui penilaian kemampuan berbicara siswa, baik melalui observasi maupun wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengajaran Meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan metode ilmiah di SD Negeri 3 Woro. Terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa dalam menyusun kalimat, mengungkapkan ide, dan berkomunikasi secara efektif. Para siswa juga menunjukkan keinginan yang lebih besar untuk belajar bahasa Indonesia dan insentif yang lebih besar untuk melakukannya. Penelitian ini secara signifikan memajukan penciptaan pendekatan yang lebih kreatif dan efisien dalam pengajaran bahasa Indonesia, terutama dalam hal. Disarankan agar guru Bahasa Indonesia di SD Negeri 3 Woro dan sekolah lainnya dapat terus menerapkan metode ilmiah untuk meningkatkan kualitas pendidikan Bahasa Indonesia di Indonesia.
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Djamarah, S. B. (2023). Strategi Pembelajaran Aktif Berbasis Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 3 Woro. Jakarta: Kencana.
Hidayat, A. R. (2016). Aplikasi pengolahan data pegawai pada badan kepegawaian daerah provinsi sumatera selatan. IT Project Proposals, x–x.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, I. (2020). Metode Riset Akuntansi. Yogyakarta: Deepublish.
Sutrisno, S. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyanto, B. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Suyanto, B. dan Hidayat, R. N. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Berbasis Saintifik.
Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Wijayanti, F. (2021). Penelitian tindakan kelas panduan lengkap dan praktis. Dalam Diterbitkan oleh Penerbit Adab CV. Adanu Abimata.
Yulianto, A. (2017). Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Tegalega Tema 2 Selalu Berhemat Energi Melalui Model Project Based Learning (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas IV SDN Tegalega Kecamatan Astanaanyar Kota Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).