PENDAMPINGAN PERUBAHAN DESAIN KEMASAN JAMU TRADISIONAL MERK “HIDAYAH” SEBAGAI UPAYA PENGENALAN PRODUK ETNOFARMAKA BAGI GEN Z
Keywords:
Desain Kemasan, Gen Z, Jamu tradisionalAbstract
Jamu tradisional merupakan salah satu produk pengetahuan lokal suatu masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan resep yang diperoleh secara turun temurun. Jamu ini dapat dikonsumsi oleh berbagai generasi dan kalangan masyarakat. Tetapi konsumsi jamu kurang populer bagi generasi Z (generasi yang lahir di pertengahan tahun 1990-an). Sehingga dapat berdampak pada berkurangnya minat terhadap konsumsi jamu pada generasi muda dan dalam jangka panjang dapat memutuskan budaya dan pengetahuan lokal masyarakat. Merk jamu “Hidayah” merupakan salah satu produk jamu tradisional di Tuban yang terdiri dari tiga jenis jamu yaitu beras kencur, kunci sereh dan kunyit asem. Namun kemasan jamu ini monoton dan hampir sama dengan produk jamu lain sehingga kurang dikenali masyarakat terutama generasi muda. Oleh karena itu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan guna menjawab permasalahan tersebut khususnya terkait dengan upgrade desain kemasan yang modern dan pembuatan akun media sosial Instagram sebagai sarana promosi dan edukasi sehingga meningkatkan minat gen Z untuk membeli dan mengkonsumsi jamu. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan pengemasan produk jamu tradisional yang ikonik. Solusi tersebut dapat dicapai dengan melalui transfer IPTEK yang meliputi: 1) packing product jamu tradisional yang modern. 2) praktik pembuatan desain kemasan yang unik, menarik dan ikonik. 3) pembuatan akun media sosial Instagram dan cara pengelolaannya sebagai media promosi dan edukasi terkait jamu tradisional. Hasil dari kegiatan ini adalah diperoleh desain kemasan yang modern, unik, ikonik dan menarik serta akun media sosial Instagram yang nantinya akan digunakan sebagai media promosi dan edukasi.
References
Andriani, R., & Alina, Y. (2024). STUDI ETNOBOTANI KEANEKARAGAMAN DAN PEMANFAATAN TANAMAN LOKAL PADA KAWASAN LADANG DI DESA SIDONGANTI, KECAMATAN KEREK, KABUPATEN TUBAN. Biology Natural Resources Journal, 3(1), 35–39.
Ariawan, I. W., Yuliartini, N. P. R., & Ardhya, S. N. (2021). Implementasi Ketentuan Pasal 8 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Pencantuman Label Pada Produk Minuman Beralkohol Khas Bali Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Komunitas Yustisia, 4(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jatayu.v4i1.33023
Arum, L. S., Zahrani, A., & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72. https://doi.org/https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812
Arwien, R. T., Wirawan, Z., Hamid, R. J., & Syam, U. (2023). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA GEN Z DI ERA MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 195–201. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0002-4857-4914
Chaerani, M. L., & Sari, H. (2023). Penerapan Studi Neuromarketing pada Desain Kemasan Produk Hijau dan Pengukuran Niat Beli Berdasarkan Profil Gender, Pendidikan, dan Frekuensi Membeli Produk. Journal of Research in Industrial Engineering and Management, 1(2), 36–47. https://doi.org/https://doi.org/10.61221/jriem.v1i2.20
Cipolletta, S., Malighetti, C., Cenedese, C., & Spoto, A. (2020). How can adolescents benefit from the use of social networks? The iGeneration on Instagram. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(19), 6952.
de Werd, P. (2021). Teaching the iGeneration: The Secret Assignment. International Journal of Intelligence and CounterIntelligence, 34(1), 134–150. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/08850607.2020.1763735
Hariyati, Y., Soeparjono, S., Setiyono, S., & Winarto, P. S. (2020). Presepsi Masyarakat Tengger tentang Kemanfaatan Etnobotani sebagai Obat Herbal. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 25(3), 440–448. https://doi.org/https://doi.org/10.18343/jipi.25.3.440
Isnaeni, I., Puspitasari, A. D., Purnomo, M., Suroso, A., & Trisnowati, I. (2023). Revitalisasi “Image” Masyarakat Terhadap Jamu Sebagai Kearifan Lokal Menuju Level Internasional. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 165–169. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/abdi.v8i2.19194
Kusumah, C., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Desain Produk, Brand Attitude, Dan Kredibilitas Content Creator Terhadap Keputusan Pembelian Cimory Squeeze Melalui Minat Beli Pada Generasi Z Di Kota Bandung. EProceedings of Management, 9(4), 2166–2175.
Putra, Y., & Abryanto, R. (2021). The Impact of Perceived Value of Jamu Towards The Millennial Purchase Decision: The Case Study of Generation Z. Journal of Functional Food and Nutraceutical, 3(2), 11–22.
Ramania, M. I. A. (2024). Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Dan Promosi Nee Studio Pada Gen Z. Jurnal Vicidi, 14(1), 92–103. https://doi.org/https://doi.org/10.37715/vicidi.v14i1.4598
Safitri, D., & Romli, N. A. (2023). Optimalisasi Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk UMKM Jatinegara Kaum. Jurnal Abdimas Perbanas, 4(2), 38–45. https://doi.org/https://doi.org/10.56174/jap.v4i2.532
Sakitri, G. (2021). Selamat Datang Gen Z, Sang Penggerak Inovasi! Forum Manajemen, 35(2), 1–10.
Utomo, A. A. (2020). Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Konsumen Tentang Produk Cacat Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Lex Privatum, 7(6).
Waluyo, B., Prasetyo, H., & Subakdi, S. (2020). Analisis Yuridis Terhadap Kewajiban Pencantuman Label Berbahasa Indonesia Pada Barang Yang Diperdagangkan Dalam Negeri. Jurnal Yuridis, 7(2), 325–344. https://doi.org/10.35586/jyur.v7i2.2260
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550