EKSPLORASI PENGALAMAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UD FAZA JAYA
Keywords:
Pengalaman Pelanggan, Keputusan Pembelian, UD Faza JayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman pelanggan terhadap keputusan pembelian produk di UD Faza Jaya. Skripsi ini dilatar belakangi oleh persaingan bisnis yang semakin ketat yang dapat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Permasalahan yang dihadapi oleh UD Faza Jaya adalah perubahan dalam pola pembelian pelanggan dan tren pasar yang berkembang, Peningkatan persaingan dari usaha sejenis, kurangnya pemahaman tentang preferensi dan pengalaman pelanggan serta kurangnya fokus pada kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan tiga segmen pelanggan: pelanggan baru, pelanggan setia, dan pelanggan berdasarkan jenis produk, serta pemilik/owner dari UD Faza Jaya sebagai responden. Melalui wawancara dan analisis mendalam, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelanggan baru mengetahui UD Faza Jaya melalui rekomendasi dari teman dan merasa puas dengan layanan serta produk yang dibeli. Pelanggan setia, yang telah berbelanja selama sekitar 20 tahun, memilih UD Faza Jaya karena ketersediaan produk yang dibutuhkan serta lokasi yang strategis, dan pelayanan yang baik. Pelanggan berdasarkan jenis produk mengapresiasi harga terjangkau dan kualitas produk, meskipun ada beberapa masalah dengan kondisi produk yang dapat diselesaikan dengan cepat oleh pihak UD Faza Jaya. Pemilik/owner UD Faza Jaya menggunakan Strategi pemasaran yang meliputi penggunaan banner dan testimoni pelanggan, sementara tantangan utama dalam operasional adalah menjaga ketersediaan produk sesuai dengan permintaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa UD Faza Jaya telah berhasil memenuhi ekspektasi pelanggan dalam menyediakan produk pertanian yang dibutuhkan dengan pelayanan yang memuaskan.
References
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif (Vol. 1).
Alfaridzi, F. G. M. (2021). Pengaruh pengalaman pelanggan, kualitas pelayanan, dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada Kopi Titik Koma Rawamangun). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Caruelle, D., Shams, P., Gustafsson, A., & Lervik-Olsen, L. (2024). Emotional arousal in customer experience: A dynamic view. Journal of Business Research, 170. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2023.114344
Desmi Ristia, N., & Marlien, R. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Nilai Pelanggan, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Albania Coffee Boja). YUME : Journal of Management, 5(3), 1–16. https://doi.org/10.2568/yum.v5i2.1751
Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.
Latif, L. L., & Hasbi, I. (n.d.). THE INFLUENCE OF CUSTOMER EXPERIENCE AND BRAND IMAGE ON PURCHASE DECISIONS IN LAZADA.
Lia, A., & Hakiem, H. (2022). Pengaruh Persepsi Konsumen, Labelisasi Halal dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Skincare SR12. 5, 263.
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.
Pradiga, M. G. (2023). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian generasi z pada produk olahan bandeng. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 14(2).
Rahmawati, N., M. Ramdan, A., & Samsudin, A. (2019). Analisis Nilai Pelanggan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepercayaan Pelanggan Wisata Kuliner Selamat Toserba Sukabumi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 109–119. https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.684
Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., Astiti, K. A., Hikmah, N., & Fasa, M. I. (2021). Metode penelitian kualitatif. Zahir Publishing.
Ruiz-Alba, J. L., Quero, M. J., & López-Tenorio, P. J. (2023). Institutions and business customer experience: the role of interfunctional coordination and service co-design. European Research on Management and Business Economics, 29(1). https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2022.100213
Sukesi, S. (2019). Loyalitas Perilaku Pelanggan. Lutfansah Mediatama.
Susanto, D., Jailani, Ms., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (n.d.). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim