PENGEMBANGAN GAE (GAME E-LKPD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
E-LKPD, Game Edukasi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemberdayaan fasilitas teknologi berbasis digital dari guru sehingga menjadikan siswa kurang aktif selama proses pembelajaran. Serta rendahnya hasil belajar siswa yang diakibatkan oleh banyaknya hafalan pada mata pelajaran PPKn. Dari permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD Elektronik (E-LKPD) berbantuan Game Edukasi yang diberi nama GAE (Game E-LKPD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di UPT SD Negeri Kumpulrejo 2 serta diuji kelayakannya. Metode yang digunakan yaitu R&D dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, dan angket validasi ahli materi, ahli media, , angket respon guru dan siswa seta lembar soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GAE (Game E-LKPD) ini sangat layak, hal ini dapat diketahui dari hasil rata-rata validasi menunjukkan hasil 89,33%, angket repon guru sebesar 96%, angket respon siswa sebesar 98,6% serta hasil tes siswa diperoleh hasil 84,2%.
References
Afifah, U. N. (2021). Media Pembelajaran Maharah Istima’ Berbasis Video Animasi untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 181–188.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Indrastuti, Y., & Madiun, U. P. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa. 3(2), 210–220.
Nanda Novia Dilla Safitri, Tomas Iriyanto, & Nur Anisa. (2023). Pengembangan Game Edukasi Berhitung (GESIT) untuk Menstimulasi Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 232–243. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2198
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005
Nurhidayah, S. (2020). GAME EDUKASI SEJARAH DI INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. In SELL Journal (Vol. 5, Issue 1).
Nursyamsiana, F., Satibi Hidayata, O., & Edwita. (2023). Pengembangan e-lkpd berbasis problem based learning untuk pembelajaran ppkn di kelas iv sekolah dasar. 3(April), 1–7.
Nurwiatin, N. (2022). Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Dan Kesiapan Kepala Sekolah Terhadap Penyesuaian Pembelajaran Di Sekolah. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472–487. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.537
Pradiptha, I. P. A., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32788
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Putriyana, A. W., Auliandari, L., & Kholillah, K. (2020). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share pada Praktikum Materi Fungi. Biodik, 6(2), 106–117. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9255
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56
Yusri, A. Z. dan D. (2020). 済無No Title No Title No Title. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). The development of scientific literacy based E-LKPD to train student’s critical thinking skills in growth and development materials. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616.