STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN DI LABORATORIUM KLINIK POPULER CABANG TUBAN

Authors

  • Stefani Sapta Aprilia Universitas PGRI Ronggolawe
  • Handaru Indrian Sasmito Adi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Strategi pemasaran, Marketing Mix, Minat Pelanggan

Abstract

Tujuan dilakukanya penelitian ini untuk mengatahui Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Minat Pelanggan Di Laboratorium Klinik  Populer Tuban dan kendala yang dihadapi dalam menerapkan pemasaran. Skripsi ini di latar belakangi oleh banyaknya persaingan atar perusahaan atau laboratorium klinik khususnya di layanan jasa untuk meningkatkan minat pelanggan. Dan salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi bauran pemasaran. Strategi bauran pemasaran harus dilakukan dengan efektif sehingga dapat meningkatkan minat pelanggan. Kegiatan bauran pemasaran umumnya produk, penepatan harga, mempromosikan dan menyalurkan produk (jasa) serta memberikan pelayanan dengan baik sehingga dapat memuaskan pelanggan, proses, sumber daya manusia dan juga tampilan fisik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kepala cabang dan juga karyawan. Data sekunder yang digunakan berupa buku – buku refrensi yang telah ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang merupakan prosedur penelitian menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subjeknya. Metode yang digunakan meliputi pengamatan, wawancara, atau analisis dokumen. Fokus penelitian ini adalah pada Strategi Marketing Mix dalam meningkatkan minat pelanggan di Klinik Populer Cabang Tuban.Penggalian data dan informasi dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Klinik Populer Cabang Tuban memiliki produk pelayanan kesehatan yang unggul, harga terjangkau, lokasi yang strategis, sumber daya manusia yang berkualitas, serta promosi yang sangat efektif. Namun, masih terdapat beberapa fasilitas dan dokumen yang belum lengkap. Peneliti menyarankan agar Klinik Populer segera melengkapi fasilitas dan dokumen tersebut agar strategi pemasaran yang diterapkan dapat lebih efektif dalam meningkatkan minat pelanggan.

References

Agustina, P. N., Siboro, S. F., Fajrin, S., & Oktaviola, A. S. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Pengguna KIS Pada Pusat Kesehatan Masyarakan (Puskesmas) Di Beberapa Kabupaten Bogor. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 3(3), 169–186.

Al Ghazali, B., Riantisari, R., & Nurrokhmini, A. (2023). Analisis Marketing Mix pada Klinik Mulia Klaten. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 442–450.

Alfani, S., Widjanarko, B., & Sriatmi, A. (2023). Analisis Bauran Pemasaran Jasa Dengan Keputusan Pembelian Layanan. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(2), 2100–2108.

Aminah, A. (2020). Strategi Pemasaran Produk ARRUM Haji dalam Meningkatkan Minat Nasabah (Studi Pegadaian Syariah Pinrang. IAIN Parepare.

Arismen, A., Sulistiadi, W., & Chalik, A. (2019). Srategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(2).

Daoed, T. S., & Nugraha, F. P. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Cbr 150 R Pada Pt. Indako Trading Co Cabang Jl. Makmur Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 4(2).

Dwikayana, I. M., Wahyudi, B., & Mubarok, A. (2024). Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Kunjungan Pasien di Klinik B Husada Kabupaten Badung. Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 2(1).

Ishak, M. N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pelanggan di Masa Pandemi (Studi Kasus Klinik Pusat Bekam dan Ruqyah Pedurenan). DIRHAM Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 80–91. https://doi.org/10.53990/djei.v2i2.119

Nissa, F., & Zainafree, I. (2022). Hubungan antara Bauran Pemasaran dan Kepesertaan JKN dengan Keputusan. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 2(2), 160–170.

Novitasari, D. (2021). Upaya Peningkatan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 melalui Optimalisasi Promosi, Harga, dan Saluran Distribusi pada Pusat Oleh-oleh Gudange Tahu Takwa. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(1), 55–63.

Paramitha, K. D. M. P., Raharja, I. G. M., & Darmastuti, P. A. (2024). Penerapan Gaya Modern Minimalis pada Project Klinik Kecantikan Beauty Heaven di Canggu Oleh Dewi Deco. Jurnal Vastukara: Jurnal Desain Interior, Budaya, Dan Lingkungan Terbangun, 4(1), 100–109.

Saleh, H. M. Y., & Miah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (Vol. 1). Sah Media.

Siregar, R. A. (2024). Penerapan Permenkes Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis Terhadap Efektivitas Pelayanan Kesehatan. Jurnal Ilmu Hukum Kyadiren, 5(2).

Tantri, F., & Abdullah, T. (2019). Manajemen pemasaran.

Yolanda, D. R. (2019). Analisis Sistem Pelayanan Administrasi Dalam Penerimaan Pasien BPJS Di Ruang Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah H. Andi Sultan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba Tahun 2018. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Downloads

Published

2024-11-22