DAMPAK ONLINE SHOP TERHADAP GAYA HIDUP KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE
Keywords:
Online Shop, Gaya Hidup Konsumtif, Mahasiswa, Pendidikan EkonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe (ditinjau dari jenis kelamin, tahun angkatan dan situs online shop yang sering dikunjungi) serta mengkaji pengaruh online shop terhadap gaya hidup konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNIROW. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 63 sampel responden yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui google form dan menggunakan analisis regrsi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online shop berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap gaya hidup konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNIROW dengan nilai signifikansi 0.010 < 0.05 dan t_(hitung = )2.661 > t_(tabel= )1.670. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R^2), variabel online shop hanya dapat menjelaskan sekitar 10,4% variasi dalam variabel gaya hidup konsumtif. Hal ini membuktikan bahwa masih terdapat faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi gaya hidup konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNIROW dan diluar pembahasan penelitian. Keterbatasan penelitian meliputi sampel yang terbatas pada satu program studi dan penggunaan metode kuantitatif saja. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap gaya hidup konsumtif mahasiswa.
Kata kunci : Online Shop, Gaya Hidup Konsumtif, Mahasiswa, Pendidikan Ekonomi
References
Aulia, A. (2023). Pengaruh Online Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro [Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9019/1/SKRIPSI%20ANISA%20AULIA%20-%201903011019%20-%20ESy.pdf
Evianah, E., & Mustikorini, D. I. (2023). Maraknya Online Shop Terhadap Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Perempuan. Forum Manajemen. https://doi.org/10.61938/FM.V21I2.530
Faiza, N. (2019). Dampak Pembelian Online Shop di Shopee Dalam Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Shopaholic di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja Sumenep. Ekonomi Dan Bisnis. https://repository.wiraraja.ac.id/236/1/artikel%20skripsi.pdf
Fatmawati, N. (2020). Gaya Hidup Mahasiswa Akibat Adanya Online Shop. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 29–38. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i1.23722
Hafni Sahir, S. (2022). Metodologi Penelitian (T. Koryati, Ed.; Edisi 1). KBM Indonesia Anggota IKAPI. www.penerbitbukumurah.com
Hasan, M. I. (2008). Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif) (Edisi Kedua). PT Bumi Aksara.
Mustofa, Z. (2022, May 13). Teori Online Shop Menurut Beberapa Ahli. Universitas Stekom (Universitas Sains & Teknologi). https://teknik-informatika-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Teori-Online-Shop-Menurut-Beberapa-Ahli/3b0b4b8f5107656f489fc829440f4d2ed4203231
Pamungkas, I., & Na’imah, T. (2022). Dimensi-dimensi Gaya Hidup Konsumtif pada Remaja. PSIMPHONI, 3(1), 1–7.
Pratama, S. A. dan P. I. P. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur dan Kompetensi terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, Vol.11, NO. 1.
Publikasi Statistik Indonesia. (2023). Rata Rata Pengeluaran per Kapita Sebulan Untuk Makanan dan Bukan Makanan di Daerah Perkotaan dan Perdesaan Menurut Provinsi (rupiah), 2011-2023. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/OTQ1IzE=/monthly-average-of-food-and-non-food-expenditure-per-capita-in-urban-and-rural-areas-by-province--rupiahs---2011-2023.html
Rahmadhani, T., & Junaidi, J. (2023). Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri Binaan Khusus Dumai Riau. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(1), 52–60. https://doi.org/10.24036/nara.v2i1.99
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432-439.
Senja, F. M. Y. (2023). Pengaruh Pembelian Online Di Shopee Terhadap Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Perempuan. Economie: Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(2), 148–158.
Septiansari, D., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Teknologi, 5(1), 53–65. https://doi.org/10.35870/emt.v5i1.372
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Reseach and Development (S. Y. Suryandari, Ed.). Alfabeta.