PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS CANVA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA IPAS KELAS V UPT SDN DOROMUKTI TUBAN
Keywords:
Media pembelajaran, e-book, hasil belajarAbstract
Pendidikan merupakan usaha untuk mempersiapkan generasi yang siap menghadapi perkembangan zaman dan tatangan. Berdasarkan obeservasi terdapat permasalahan antar lain; 1) dalam proses pembelajar guru menggunakan metode konvesional, 2) hanya menggunakan media cetak seperti buku guru, buku siswa dan LKS; 3) guru jarang menggunakan media digital; 4) siswa cepat jenuh dan sibuk sendiri; 5) daya ingat siswa minat dan hasil belajar rendah 6) siswa lebih suka media digital. Adapun tujuan dari penelitian ini mengembangan media E-book berbasis canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPAS sistem pernapasan manusia kelas V UPT SDN Doromukti Tuban. Jenis penelitian ini adalah Research And Development (R&D) Menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap utama: analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, validasi ahli, tes, angket. E-BOOK divalidasi oleh 3 validator ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa untuk menentukan kelayakan media. Hasil validasi ahli media memperoleh skor sebesar 91% menunjukkan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor sebesar 86,6% menunjukkan kategori sangat valid. Dan, hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor sebesar 93% menunjukkan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan dari respon guru sebesar 95% sedangkan respon siswa sebesar 96% menunjukkan bahwa E-BOOK Berbasis Canva dinyatakan sangat praktis. Hasil uji keefektifan dari tes siswa di uji dengan menggunakan N-Gain memperoleh skor 0.77 dengan Tingkat keefektifan Tinggi dan media ini dapat dikatakan “efektif”.Dari hasil penelitian pengembangan E-BOOK Berbasis Canva dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan efektif dalam pembelajaran.
References
Anggraini, A. A. D., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Huruf Dan Angka Dengan Model ADDIE. Education and Development, 9(4), 426–432.
Anisah, A., & Azizah, E. N. (2016). Pengaruh penggunaan buku teks pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS (Eksperimen Kuasi pada kelas VII di SMP Negeri 1 Palimanan kabupaten Cirebon). Jurnal Logika, 18(3), 1–18. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/viewFile/215/138
Arief, M. M. (2021). Garuda3300009. 5(8), 13–28.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Damayanti, Y., Rostikawati, T., & Mulyawati, Y. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-book Berbasis Flipbook pada Subtema 2 Perubahan Lingkungan. 5(2), 626–634.
Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Efektivitas Media Canva terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Bakaran Wetan 03 Pati. 05(02), 5883–5891.
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20
Khoirunnisa, A., Nulhakim, L., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Perpindahan Kalor Mata Pelajaran Ipa. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 25–36. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10559
Liyawindari, A. E., Sukartiningsih, W., & Suparti, S. (2023). P1. Liyawindari AE, Sukartiningsih W, Suparti S. Pengembangan Media E-Book Cerita Fiksi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. J Teknol Pendidik J Penelit dan Pengemb Pembelajaran. 2023;8(2):500. doi:10.33394/jtp.v8i2.7714en. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 500. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7714
Nengseh, I. F., & Damayanti, M. I. (2022). Pengembangan Media Ebook Interaktif Untuk Keterampilan Membaca Dongeng Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(Vol 10 No 07 (2022)), 1598–1607. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47797
Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–100.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Sholiha, M., Tamam, B., & Munawaroh, F. (2017). Pengembangan Media Kotak Cahaya Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya. 10(1), 34–43.
Sulaiman, Gani, W. (2023). 1* , 2 , 3. 09, 4343–4353.