PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS PjBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
Pop Up Book, Project based learning (PjBL), Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor kurangnya penggunaan media dalam mata pelajaran IPAS pada materi jenis warisan budaya. Guru cenderung menggunakan media papan tulis dan metode ceramah hal tersebut menyebabkan pembelajaran terasa monoton sehingga siswa menjadi cepat bosan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Model pengembangan ADDIE di terdiri dari lima tahap yakni Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan proses pengembangan, validan, kepraktisan, dan efektivitas Pop Up Book berbasis PjBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kevalidan media Pop Up Book diperoleh dari nilai yang didapatkan saat validasi kepada validator media memperoleh skor 92,3%, validator bahasa memperoleh skor 95% dan validator materi memperoleh skor 100%. Dari hasil tersebut media Pop Up Book berbasis PjBL termasuk dalam kategori valid. Dari 14 jumlah keseluruhan siswa kelas V keefektifan media memperoleh presentase 83%, termasuk dalam kategori tinggi. Kepraktisan media diperoleh dari angket respon guru, dan memperoleh skor presentase 94,54% dan dari angket respon siswa 96,57%, dari perolehan presentase tersebut maka kepraktisan media Pop Up Book berbasis PjBL termasuk dalam kategori sangat praktis. Data hasil validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru dan siswa, serta tes siswa digunakan untuk mengidentifikasi media Pop Up Book berbasis PjBL yang dirancang untuk mata pelajaran IPAS dengan menggunakan materi jenis warisan budaya, terbukti valid, praktis dan efektif.
References
Author, C. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD Erica 1 , Sukmawarti 2 1,2 Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah. 2(4), 110–122.
Dani, N. R., F, F., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan bahan ajar tematik terpadu berbasis life skill dengan menggunakan model project based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3431–3444. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1367
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16. https://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/article/view/1038
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Hikmah, N., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. M. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 04 Puding Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 137–148.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.
Latifah, S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43–51. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.104
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294
Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 264. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17920
Ningsih, A. Y. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Ips Kelas Iv Sd Negeri Tegal Sari. LJSE: Linggau Journal Science Education, 2(3), 6–15. https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.318
Nur, M. A., Ws, R., Abdul, D., & Lidinillah, M. (2017). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Ips tentang Kerajaan dan Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar. 4(2), 39–48.
Putri, A., Hadi, S., Alfi, C., & Fatih, M. (2024). Pengembangan Pop-Up Book berbasis Augmented Reality Materi Bangun Ruang Meningkatkan Self Efficacy Siswa Kelas V SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar. 7(2), 377–386.
Setiawan, U. (2022). Media Pembelajaran (Cara Belajar Aktif: Guru Bahagia Mengajar Siswa Senang Belajar). In Widina Bhakti Persada Bandung.
Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2016, 2016–2020.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.