PENGEMBANGAN STORY BOX FILM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK DIDIK KELAS IV SD NEGERI SAWAHAN

Authors

  • Monika Adela Universitas PGRI Ronggolawe
  • Iis Daniati Fatimah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Alat Pembelajaran, Story Box Film, Pendidikan Pancasila

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar anak didik. Oleh karena itu, diciptakanlah bahan ajar yang bersifat inventif dan imajinatif, seperti film kotak cerita, untuk mengajarkan pendidikan Pancasila. Dengan visual yang berwarna-warni dan alur cerita yang digulirkan secara manual, alat ini dimaksudkan untuk meniru televisi tabung dan menarik perhatian serta antusiasme anak didik dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengpertimbangan keefektifan alat film kotak cerita terhadap tujuan pembelajaran anak didik kelas IV SD Negeri Sawahan. Metodologi yang dipergunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mempergunakan desain 4D. Wawancara dan lembar meyakinkanasi dipergunakan dalam proses pengumpulan data. Ahli alat memperoleh nilai 96% (tergolong "meyakinkan"), ahli bahan ajar memperoleh nilai 93% (tergolong "meyakinkan"), dan ahli bahasa memperoleh nilai 100%. Pada uji efektivitas, skor rata-rata dari pra-tes, yang sebesar 53, naik menjadi 89 pada pasca-tes ketika masuk ke dalam kategori "efektif". Kuesioner respons guru dan anak didik dipergunakan untuk melaksanakan ujian praktik. Pada area "efisien", kuesioner respons guru menghasilkan skor 95%, sedangkan kuesioner respons anak didik menghasilkan skor 94%.

References

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Gawise, G., Nurmaya. G, A. L., Jamin, M. V., & Azizah, F. N. (2022). Peranan Media Pembelajaran dalam Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3575–3581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2669

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–37.

Intelektual, V. D. A. N., Suci, I., Rukmana, S., Nurhasanah, A., Yuliana, R., Fkip, P., … Tirtayasa, A. (2023). 3 1,2,3, 08, 3546–3560.

Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185.

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman Nurchotimah, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752

Pausa, R., & Zainil, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Pada Materi Penyajian Data di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 2250–2253.

Rapiatunnisa, R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(01), 17–26. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.423

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326

Wahyuanti, I., & Maisaroh, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf Deskripsi Menggunakan Media Story Box. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(4), 90. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i4.2845

Downloads

Published

2024-10-02