PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) MEREK SULI LIMA PADA PT. AMANAH SANG SURYA TUBAN
Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Keputusan KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perubahan harga dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen beralih pembelian air minum kemasan Suli Lima tipe PT. Amanah Sang Surya terletak di wilayah Tuban Jawa Timur dan mengetahui besarnya pengaruh kebebasan di berbagai daerah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 orang. Teknik analisis data menggunakan beberapa iterasi. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) merek PTK Suli Lima. Amanah Sang Surya di Tobin, Jawa Timur. Hal ini didasarkan pada perhitungan nilai t hitung dua variabel lebih besar dari t tabel dan nilai signifikansi (p value) kurang dari 0,1. Nilai variabel (X1) mempunyai nilai positif dan signifikan yang ditunjukkan dengan nilai nilai variabel sebesar 0,001 dimana nilai tersebut < 0,05. Kualitas produk (X2) baik dan efisien yang ditunjukkan dengan nilai varians kualitas produk sebesar 0,004 dimana nilai tersebut < 0,05. Hasil uji F menunjukkan perbedaan harga dan kualitas produk secara simultan mempengaruhi keputusan konsumen yang berbeda pada saat pembelian air minum kemasan merek Suli Lima PT. Amanah Sang Surya di Tobin, Jawa Timur. Dengan perhitungan dapat diketahui nilai F sebesar 55,230 lebih besar dari F tabel sebesar 3,138 dan nilai signifikansi (0,001) lebih kecil dari 0,5. Hasil koefisien determinasi sebesar 63,4% menunjukkan besar kecilnya variabel independen terhadap keputusan berpindah pelanggan yaitu harga dan kualitas. Sisanya sebesar 36,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
References
Anggraini, Y., & Umah, R. Y. H. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Non Muslim dalam Bertransaksi di Perbankan Syariah. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 136–145.
Cahyadi, I. G. N. W., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Air Minum Dalam Kemasan Fotaqua di Badung Bali. Values, 1(4).
Harjadi, D. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial.
Hidayat, B. F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Minat Beli Konsumen Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UD Lutfi Motor Sidoarjo. UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
Manggala, H., & Adirinekso, G. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 19(1), 39–53.
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 183–188.
Prasetiyo, A. H., Rustamaji, D., Sumarni, S., & Nadhifah, N. I. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, presepsi harga dan kemampuan berkomunikasi terhadap kepuasan konsumen pada Pt. Jne Babat Lamongan.
Ramadhanty, S., & Efrianova, V. (2022). PERBANDINGAN HASIL TEKNIK PENGAPLIKASIAN ALIS BOLD DENGAN TEKNIK ALIS SERATPADA TATA RIAS WAJAH PENGANTIN PADANG. Jurnal Tata Rias Dan Kecantikan, 2(2), 53–61.
Ramli, S. (2023). Kreativitas pelaku usaha, sosial media dan inovasi kemajuan teknologi terhadap keputusan pembelian smartphone. AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 20(1), 31–39.
Sari, D. P. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, kualitas produk, harga kompetitif, lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533.
Septiawan, R. Y. (2023). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CAKRA BUANA DI KEROBOKAN KELOD. Universitas Mahasaraswati Denpasar.
SIHALOHO, H. K. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI GRAB DI KOTA MEDAN.
Taryana, S. R., & Juanim, H. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN PADA MEREK ZARA (Studi Kasus Pada Toko Zara Di Kota Bandung). Universitas Pasundan Bandung.
WAHDANIA, W. (2021). ANALISIS PENGARUH PENETAPAN HARGA DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR SENTRAL SINJAI. INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.
Widodo, J., & Zulianto, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Prabayar Simpati Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Angkatan 2015-2017). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 166–170.
Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399–410.