PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS SDN DAWUNG 1
Keywords:
Powtoon, Audio Visual, R&D, ADDIEAbstract
Tujuan penelitian ini adalah membuat materi audio visual berbasis powtoon untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa SDN Dawung I. Animasi menyenangkan dalam media ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa. Model ADDIE terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dan merupakan metode penelitian yang digunakan untuk pengembangan tersebut, disebut R&D (Research and Development). Tujuh siswa kelas IV SDN Dawung 1 mengikuti uji coba media Powtoon. Lembar Tes, lembar validasi, lembar angket, wawancara, dan observasi adalah beberapa metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dan data. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para ahli memandang media audio-visual Powtoon sah; 91% ahli materi, 96% ahli media, dan 91% ahli bahasa menilai sangat valid. Media audio visual Powtoon dianggap “Valid/Layak” untuk diuji setelah evaluasi ini. Berbeda dengan penilaian guru yang memberikan nilai 94% (sangat praktis), jawaban siswa terhadap media ini menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 90% (sangat praktis). rata-rata 90% yang menunjukkan bahwa materi audio visual powtoon telah digunakan “efektif” dalam proses pengajaran.
References
Anggita, Z. (2021). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 44–52. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538
Cahyati, N., Syafdaningsih, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Dalam Pengenalan Kata Bermakna Pada Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 160–170. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11339
Deliviana, E. (2017). Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat Dan Problematikanya. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Ke 56 Universitas Negeri Makassar, 1–6.
Ellyas Asmara, Y., Wahyudi, & Sahari, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran IPA Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 97–107. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i1.1988
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Hanafi, H. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.
Haryadi, R., Nuraini, H., & Kansaa, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548–4419.
Husaini, M. (1IAIN R. I. L. J. P. N. 05 K. B. L. E. m. husaini78@gmail. com. (2014). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN (E-education). Jurnal Mikrotik, 2(1), 1–5.
Kholilurrohmi, I. (2017). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Powtoon Pada Mata Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Semeseter 1 SMAN 1 Plere. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal of Education, 2(3), 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108
Sugiarti, Y. P., & Wendri, W. (2022). Pengembangan Game Interaktif Berbasis. Elementary School Journal, 1(1), 7–16.
Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.
Wiratsiwi, W. (2019). Tingkat Keefektifan Media Papercraft Struktur Bumi dan Matahari terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gedongombo III Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 133. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13084
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835