PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN DAWUNG II
Keywords:
E-book , hasil belajar, ADDIEAbstract
E-book yaitu media pembelajaran yang berbasis teknologi dengan memuat materi Bijak dalam Masa Pubertas kelas V. Dikembangkannya media pembelajaran ini dilakukan oleh sebab keterbatasan media yang ada untuk memahami materi tentang Pubertas. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan mengenai seberapa layak, praktis dan efektif penggunaan dari E-book. Siswa kelas V SD menjadi partisipan penelitian dalam penelitian ini, yang menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan memanfaatkan paradigma ADDIE. Soal tes siswa, formulir validasi, formulir wawancara, dan survei instruktur dan siswa adalah contoh alat pengumpulan data. Analisis kualitatif dan kuantitatif dilakukan terhadap data yang dikumpulkan. Berdasarkan hasil temuan, e-book mempunyai tingkat validitas 96% dari ahli media, tingkat validitas 96% dari ahli materi, dan tingkat validitas 93% dari ahli bahasa. Menurut tanggapan instruktur, tingkat kepraktisan produk ini adalah 94%, dan menurut masukan siswa, tingkat kepraktisan produk ini adalah 94%. Selain itu, tingkat efektivitas produk ini adalah 86% yang sangat efektif. Oleh karena itu, alat pendidikan ini dianggap layak, berguna, dan efisien untuk digunakan oleh siswa.
References
Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M. A. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7352–7359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3503
Makdis, N. (2020). Penggunaan e-book pad era digital. Al-Maktabah, 19, 77–84.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Pradanasty, E.P., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran EBIPS ( E-BOOK IPS ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Hots Siswa. Attadib : Journal of Elementary Education, 8(1).
Putri Nurhasanah, Rika Hayani Putri, S. B. Y., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan E-Book Interaktif untuk Meneladani Perilaku Jujur pada Siswa Kelas 2 SD dari Kisah Nabi Muhammad. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4351–4357.
Restiani, R., Tisnasari, S., Yuliana, R., & Hilaliyah, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Melatih Kemampuan Membaca Pada Peserta Didik Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 274–288.
Saftari, Maya, N. F. (2019). Assessment Of Affective Domain In Attitude Scale STMIK Atma Luhur , Universitas Sriwijaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 71–81.
Sugiarti, Y. P., & Wendri, W. (2022). Pengembangan Game Interaktif Berbasis. Elementary School Journal, 1(1), 7–16.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wiratsiwi, W. (2019). Tingkat Keefektifan Media Papercraft Struktur Bumi dan Matahari terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gedongombo III Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 133. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13084
Zabidi, A. (2019). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran PAI Di SD Sekecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Inspirasi, 3(2), 128–144.