PENGEMBANGAN MEDIA BILIK PINTAR (BINTAR) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA INDONESIA IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI MANDER I
Keywords:
Pengembangan, Media Bilik Pintar, IPAS, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media bilik pintar (bintar) pada materi keanekaragaman budaya Indonesia IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri Mander I. Metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu penelitian pengembangan atau R&D menggunakan model ADDIE meliputi lima tahap saling berhubungan antara lain Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate. Subyek uji coba produk terdiri dari 21 siswa kelas IV UPT SD Negeri Mander I. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, angket, tes serta dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media bilik pintar (bintar) dinyatakan sangat valid memperoleh persentase ahli media 94,54%, ahli materi 92%, ahli bahasa 85%. Lembar observasi aktivitas peneliti selama proses pembelajaran menggunakan media bilik pintar yaitu memperoleh persentase 93,33% dinyatakan sangat efektif. Hasil tes uji coba memperoleh N-Gain 0,81 dengan kriteria tinggi. Angket respon guru dan siswa diberikan setelah peneliti melakukan uji coba produk media bilik pintar, angket respon guru memperoleh persentase 87,5% serta angket respon siswa 92,26% keduanya dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan informasi atau data yang diperoleh maka media bilik pintar telah valid, efektif serta praktis digunakan pada proses kegiatan belajar mengajar.
References
Anggraeni, D. R., Elmunsyah, H., & Handayani, A. N. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Fuzzy Pada Mata Kuliah Sistem Cerdas untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Tekno, 29(1), 26. https://doi.org/10.17977/um034v29i1p26-40
Aulia, W., & Mintohari. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Materi Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. JPGSD, 11(1).
Boro, L. F. S. (2017). Pengembangan Media Bilik Pencangkokan Pada Materi Proses Pencangkokan untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. PPGT PGSD FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Fadhila, N. A., Setyaningsih, N. W., Gatta, R. R., & Handziko, R. C. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model ADDIE Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan SMA Kurikulum 2013. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1).
Fauzy, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Utama, A. G. S., Zonyfar, C., Nuraini, R., Purnia, D. S., Setyawati, I., Evi, T., Permana, S. D. H. P., & Sumartiningsih, M. S. (2022). Metodologi Penelitian. In CV Pena Persada.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. In CV. Literasi Nusantara Abadi.
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Pebrianti, D. (2022). Pengembangan Media Bilik Rumah Pintar Berbasis Ctl (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Tema 1 Siswa Kelas 3 SD Aisyiyah 2 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram 2022.
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1(2), 213–214.
Pratiwi, R., Agustina, W., & Rahmadani, W. R. (2024). Pengembangan Media Bilik Pancasila Materi Nilai- Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas II di UPT SDN 2 Bandungbaru. Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(6), 601–605.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Bug Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Sholeh, H., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358.
Souisa, C. S. (2017). Pengembangan Media Bimos (Bilik Emosi) Sebagai Alat Stimulasi Pemahaman Emosi Anak dengan Autisme Usia 4-6 Tahun di Kristha Pertiwi Homeschooling Jenjang TK Bawen Kabupaten Semarang. Pendidikan Guru Pendidikan Usia Dini Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, 53(4), 130.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino. (2021). Pengelolaan LKP Pada Masa Pendmik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1).