PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP
Keywords:
kemampuan berpikir kritis, matematika, problem based learning, TPACKAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas VIII-B yang ada di SMP Negeri 5 Tuban. Dilakukannya penelitian ini dengan tujuan diharapkan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan TPACk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas, yang mana peneliti melakukan pengamatan secara langsung dengan  menggunakan 3 siklus dengan masing-masing siklus terdapat tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Objek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-B yang berjumlah 33 orang di SMP Negeri 5 Tuban. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dilakukan melalui sebuah tes uraian, sementara data respon peserta didik diperoleh dari lembar angket, sedangkan untuk data kegiatan proses pembelajaran diperoleh dari lembar observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan dengan mengintegrasikan langkah-langkah model pembelajaran berbasis masalah, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik. Pada observasi awal diperoleh rata-rata skor 40,87%. Setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah diperoleh skor 71,5% pada siklus I, 76,6% pada siklus II, dan 84,84% pada siklus III. Pada kemampuan berpikir kritis terjadi peningkatan dari siklus I hingga siklus III dan sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditentukan.
References
Windari, C., O., & Yanti, F., A. (2021) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pesera Didik.
Rachmantika, A., R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah.
Anggraheni, M., Zuhri, M., S., & Sumarmiyati. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Papan Waktu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Satuan Waktu
Sari. R., N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dengan Menggunakan Graded Respon Models (GRM).
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA.
Ningsih, P. O., Alkhasanah, N., Isnaini, Y. F., Maulana, I., Hidayati, Y. M., Dasar, P., & Surakarta, U. M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Tpack Pada Pembelajaran IPA.
Ichsan, Suhaimi, Amalia, K., N., Santosa, T., A., Yulianti, S. (2022). Fadilah, A., N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis TPACK Terhadap Keterampilan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA Siswa Tingkat SD sampai SMA.
Suswati, Umi. (2021) Penerapan Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia.
Nurrohmah, U., D., Rusmawan, Suyatini, M., M. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Tpack Kelas Iv Sdn Kentungan.
Fadilah, A., N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 28 KAUR.
Haryanti, Y. D., Febriyanto, Budi. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (PBL).
Saputri, M., A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
Hikmah, F., & Radiansyah. (2023). Implementasi Model PBL Dan Pendekatan TPACK Media Interaktif Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Hasil Belajar.
Arikunto, S., Supardi, Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas:Edisi Revisi. (https://books.google.co.id/books?id=RwmEAAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PA36#v=onepage&q&f=false)