PELATIHAN STIMULASI ACADEMIC LITERACY BASED ON ICE BREAKING BAGI SISWA SDN KINGKING II TUBAN

Authors

  • Sita Isna Malyuna universitas pgri ronggolawe tuban
  • Iis Fatimah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Novialita Angga Wiratama Universitas PGRI Ronggolawe
  • Rachmalia Vinda Kusuma Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Ice Breaking, Academic Literacy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Kingking II Kabupaten Tuban, pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi dan seringnya menggunakan metode drilling. Kegiatan awal pembelajaran guru hanya memberikan apersepsi, guru tidak memberikan motivasi belajar kepada siswa. Ketika proses pembelajaran berlangsung siswa lebih banyak melakukan aktifitas mengerjakan soal yang diberikan guru. Terlihat siswa ada yang melamun, atau sesekali menggangu teman yang belum selesai mengerjakan tugas. Sehingga dalam mengikuti pembelajaran siswa sering mengalami kebosanan dan kurang bersemangat dan cenderung pasif. Inovasi dilakukan dengan pelatihan ice breaking pada siswa kelas V SDN Kingking II Tuban. Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan stimulasi ice breaking bagi siswa SDN Kingking II Tuban. Pelatihan dilakukan dengan mengenalkan berbagai jenis ice breaking serta penerapannya. Jenis Ice breaking yang dilatihkan berupa permainan atau game, tepuk dan yel. Berdasarkan hasil angket setelah pengabdian dilaksanakan diperoleh rata-rata presentase sebesar 92%. Hal tersebut menunjukkan bahwa peserta pelatihan memberikan respon sangat baik sesuai kriteria.

References

Alfaruqi, A. I. (2016). Meningkatkan daya serap siswa pada pembelajaran geometri menggunakan ice breaking. Jurnal Riset Pendidikan, 2(1), 54.

Fanani, A. (2010). Ice breaking dalam proses belajar mengajar: Learning, routinity, boring, ice breaking. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 6(11), 25-28.

Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran tematik. Raja Grafindo Persada.

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Said, M. (2010). 80+ Ice Breaker Games-Kumpulan Permainan Penggugah Semangat. Penerbit Andi.

Sigit, S. (2019). Nyalakan kelasmu 20 Metode mengajar dan Aplikasinya. Jakarta: PT.Gramedia.

Susanti, L. (2019). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Jakarta: PT Elex Media Komplitudo Kelompok Gramedia

Sunarto. (2020). Ice Breaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Yuman Pressindo

Setiawan, A. (2019). Ice Breakers For Teachers. Sidoarjo : Filla Press

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36

Tohirin. (2020). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.

Windarto, S. (2018). 99 Ice Breaking Untuk Layanan Bimbingan dan Konseling (Bimbingan Klasikal/Kelompok). Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Yonny, A. (2018). Cara Cerdas Membangkitkan Semangat Belajar Siswa. Yogyakarta: PT.Citra Aji Parama.

Downloads

Published

2024-10-22