PENGEMBANGAN MEDIA SMARTBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V UPT SDN SUGIHWARAS 1 JENU

Authors

  • Wahyunita Zumarotin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Novialita Angga Wiratama Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

smartbook berbasis augmented reality, media, hasil belajar, ADDIE

Abstract

Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana membangun media smartbook berbasis augmented reality dalam hal validitas, kepraktisan, dan efikasi. Penelitian ini termasuk dalam kategori R&D. Sebagai bagian dari penelitian ini, alat peraga smartbook berbasis augmented reality dikembangkan untuk membantu siswa kelas lima di UPT SDN Sugihwaras 1 Jenu dengan studi matematika bangun ruang. Paradigma ADDIE, yang digunakan dalam penelitian ini, terdiri dari lima tahap: analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Formulir untuk wawancara, observasi, validasi, dan penilaian siswa berfungsi sebagai alat pengumpulan data. Yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima dari UPT SDN Sugihwaras 1 Jenu. Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk memproses data yang dikumpulkan. Analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas adalah metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Studi tentang smartbook berbasis augmented reality menemukan bahwa 88,7 persen pakar media, 96,6 persen pakar materi, dan 95,5 persen pakar bahasa semuanya sepakat bahwa kriteria untuk pembuatan media sangat valid. Fokus untuk membuat produk lebih kondusif untuk pembelajaran menghasilkan perubahannya. Sebagai tambahan, produk yang dirancang mendapat skor tingkat kepraktisan 92% menurut kuesioner respons guru. Sebanyak 94% menurut survei siswa. Dengan menggunakan rumus N-Gain, kami dapat memperoleh data berkualitas tinggi tentang kemanjuran produk media smartbook berbasis augmented reality. Temuan tersebut menunjukkan bahwa media yang dibuat dapat dilakukan, dapat diterapkan, dan bermanfaat bagi siswa kelas lima di sekolah dasar.

References

Anggraini, A. A. D., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Huruf Dan Angka Dengan Model ADDIE. Education and Development, 9(4), 426–432.

Asnawi, A. R., Setyowati, K., Alnisyar, A. A. R. N., Azhari, M. H. R., Mustiningsih, M., & Timan, A. (2022). Analisis Pembaharuan Kurikulum Darurat pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 786–794. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1824

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan (Educational Phylosophy). Istiqra’, 1(2), 129–135.

Hidayatulloh, I., Kurniati, & Maimunah. (2023). Karakteristik Pembelajaran Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 3(1), 123–127.

Husna, F. A. & Nadlir. (2023). Pengembangan Media Papan Hitung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Penjumlahan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 8(1), 33–49. https://doi.org/10.15642/jrpm.2023.8.1.33-49

Insani, F. D. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88.

Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1), 54–61. https://doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Winaryati, E. (2021). Cercular Model of RD & D Model RD&D Pendidikan dan Sosial. In Kbm Indonesia. www.penerbitbukumurah.com

Downloads

Published

2024-10-02