PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Rizky Nava Sasandra Suli Unibersitas PGRI Ronggolawe
  • Rita Yuliastuti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

multimedia interaktif, Scratch, ADDIE, bangun ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui dan untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan, kepraktisan, maupun keefektifan pada pengembangan multimedia interaktif berbasis Scratch materi bangun ruang sisi datar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, tahapan penelitiannya yaitu: (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, (5) Evaluate. Dari data hasil uji validasi produk multimedia berbasis Scratch, produk memperoleh nilai dari ahli materi 80%, ahli media 80% dan ahli bahasa 100%. Sedangkan, dari lembar respon siswa memperoleh nilai 91% dan observasi keterlaksanaan produk memeperoleh nilai 94%. Dan dari data hasil tes yang diikuti oleh 25 siswa diperoleh skor N-Gain sebesar 0,76 dengan kriteria tinggi. Dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interakti berbasis Scratch dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.

References

A. Suryanti, I.N.A.S. Putra, & F. Nurrahman. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Energi Alternatif Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 147–156. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.651

Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., MZ, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086–1097. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2170

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif - Google Books. In Fatawa Publishing (Nomor November).

Indrawan, I., Wijoyo, H., Wiguna, I. M. A., & Wardani, E. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. CV. Pena Persada.

Ma’rifah, A., Maftukhin, A., Al Hakim, Y., & Wakhid Akhdinirwanto, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 6(3), 185–194. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika

Marianto, A., Simatupang, G. M., & Anwar, K. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Menggunakan Aplikasi Doratoon Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii Smp. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 55–63.

Nuraeni L, E., Muharram, M. R. W., & Fajrin, B. S. (2021). Desain Game Edukasi Sifat-Sifat Bangun Datar Segiempat Menggunakan Aplikasi Scratch. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 140–149.

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151.

Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440–2448.

Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540–550.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rani, H., & Wintarti, A. (2022). Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Software Scratch pada Materi Peluang di SMPN 18 Banjarmasin. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–105.

Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–873.

Rosyada, D., Suryani, F. B., & Faturohman, I. (2023). Pengembangan media interaktif berbasis S.id berbantuan canva pada pembelajaran materi siklus air kelas V siswa sekolah dasar. Elementary Education, 06(02), 355–361.

Saputra, D. K., & Perdana, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan 3D Application Scratch Pada Topik Tekanan Hidrostatis. 2, 61–68.

Satria, E., Sa’ud, U. S., Sopandi, W., Tursinawati, Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2022). Pengembangan Media Animasi Interaktif Dengan Pemograman Scratch Untuk Mengenalkan Keterampilan Berpikir Komputasional. Jurnal Cerdas Proklamator, 10(2), 217–228.

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480.

Watri, Gimin, & Uarman. (2023). Desain dan Pengembangan Media Pembelajaran interaktif Berbasis Android. Taman Karya.

Downloads

Published

2024-12-12