HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Muhammad Miftahur Rizal Ansori Universitas PGRI Ronggolawe
  • Edy Nurfalah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematika, Flippde Classroom, Video Interaktif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias siswa pada saat proses pembelajaran di kelas dan pada saat penugasan kebanyakan siswa menunggu jawaban milik temannya dari pada berusaha mencoba untuk mengerjakan sendiri yang mengakibatkan siswa malas untuk belajar matematika dan kesulitan dalam memahami konsep dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan penerapan pembelajaran flipped classroom berbantuan video interaktif terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 2 Palang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Palang tahun pelajaran 2023/2024 dengan sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep matematika siswa.

References

Ayu, K., & Pratiwi, M. (2021). Efektivitas Flipped Classroom Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. In Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha (Vol. 12, Issue 2).

Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139

Biassari, I., Putri, K. E., Nusantara, U., & Kediri, P. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, Vol. 4 (2021): SEMDIKJAR 4.

Darwani, H. , Y. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom Di SMP/MTS. Educator Development Journal, 1.

Fauzi, Y. N., Riana Irawati, & Ani Nur Aeni. (2022). Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1537–1549. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2749

Fianingrum, F., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pembelajaran Matematika. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6865–6874. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3387

Icha Timart Diany Sinaga, Netto W. S. Rahan, & Abdul Rahman Azahari. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Nanga Bulik 6 Kabupaten Lamandau. Journal of Environment and Management, 3(1), 55–61. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4286

Maure, Y. L., Djong, K. D., & Dosinaeng, W. B. N. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMA PADA MATERI PROGRAM LINEAR ANALYSIS OF UNDERSTANDING OF HIGH SCHOOL STUDENTS MATHEMATICAL CONCEPTS IN LINEAR PROGRAM MATERIAL. In Jurnal Kependidikan Matematika (Vol. 47, Issue 1).

Novianti, Hamdani Maula, L., & Rizqia Amalia, A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Takbar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Urnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1682–1693. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1407

Oktaviani, N., Indiyah, F. H., & Aziz, T. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 4 Tangerang. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8.

Radiusman, R. (2020). STUDI LITERASI: PEMAHAMAN KONSEP ANAK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rizal Umami, M. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MEDIA INTERAKTIF VIDEO TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. GeoMath, Vol. 2 No. 1 (2021), 101–110. https://doi.org/10.55171/geomath.v2i1.800

Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. 06(02), 2286–2297.

Selfiana, D., Nurfalah, E., & Wiratsiwi, W. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Model Kooperatif STAD dengan Media Video. IDEAL MATHEDU IV, 439-447.

Sholihah, R., & Nurfalah, E. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Singgahan Berdasarkan Teori Apos. Prosiding SNasPPM, 6(1), 702-711.

Umami, M. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Interaktif Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Geomath, 11–18.

Downloads

Published

2024-10-02