ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA PERCETAKAN PESONA INDAH ART STUDIO DI DESA BEJI KECAMATAN JENU

Authors

  • Siti Juni Veronika Universitas PGRI Ronggolawe
  • Niniek Widiarochmawati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

strategi pemasaran, bauran pemasaran 4P, usaha percetakan, analisis SWOT, diversifikasi

Abstract

Semua bisnis baik jasa ataupun produk selalu mempertahankan eksistensinya. Tingkat laba operasional perusahaan tetap stabil bahkan meningkat untuk memenuhi tujuan tersebut. Dengan memanfaatkan peluang pertumbuhan penjualan dan menggunakan strategi pemasaran yang tepat, perusahaan dapat mempertahankan atau memperkuat posisi pasarnya. Guna menggapai tujuan yang telah diindikasi diperlukan stategi jitu dalampemasaran. Industri percetakan adalah salah satu sektor ekonomi kreatif yang tidak akan hilang seiring waktu. Perkembangan industri percetakan didukung oleh perusahaan besar maupun bisnis menengah dan kecil, yang berkontribusi signifikan terhadap ekonomi Indonesia. Usaha kecil dan menengah (UKM) adalah inti perekonimian di Indonesia, menyumbang 60% PDB dan mempekerjakan 97% angkatan kerja. Di kota Tuban, peluang usaha percetakan sangat menjanjikan dengan banyaknya pebisnis yang mulai merambah industri ini, meskipun persaingan semakin ketat. Pesona Indah Art Studio merupakan salah satu usaha percetakan dikota tuban yang mengalami dampak dari persaingan usaha yang ketat. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan strategi pemasaran yang diimplementasikan oleh Pesona Indah dan mendeskripsikan tentang strategi pemasaran yang tepat untuk pengembangan usaha Pesona Indah dengan menggunakan penelitian jenis kualitatif dan metode deskriptif. Untuk menghadapi tantanganyang dihadapii, Pesona Indah Art Studio menerapkan strategi bauran pemasaran 4P yaitu product, price, place, dan promotion. Untuk strategi yang bisa digunakan untuk pengembangan usaha didasarkan pada analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi diversifikasi produk dan jasa merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan daya saing dan memperluas pangsa pasar. Dengan demikian, Pesona Indah Art Studio akan fokus pada peningkatan kualitas produk, inovasi desain, serta layanan pelanggan yang unggul untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang.

References

AULIA, Y. S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Pada CV. Padaidi Utama Indonesia (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Derama, T., & Aransyah, M. F. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis Swot Dan Waspas Pada Jasa Percetakan Undangan Confetti Project. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 18-29.

Faradillah, V. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Jasa Percetakan Pada CV. Kita Printing dengan Pendekatan Analisis SWOT dan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Doctoral dissertation, UPN Veteran Jawa Timur).

Ladiku, A. T. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah (UKM)(Studi Kasus pada Usaha Telur Ayam Kampung Salma di Manado) (Doctoral dissertation, IAIN MANADO).

Luntungan, W. G., & Tawas, H. N. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4).

Nurfadilah, E. W., & Fitriah, E. (2022, January). Analisis Strategi Pemasaran di Era Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Penjualan Perusahaan. In Bandung Conference Series: Accountancy (Vol. 2, No. 1, pp. 532-538).

Pratama, A. (2020). Analisis strategi pemasaran jasa percetakan dengan menggunakan metode swot dan analyitc hierarchy process. Journal of Industrial and Manufacture Engineering, 4(1), 12-21.

Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213-223.

Restini, N. K., & Satria, G. A. (2023). Strategi Peningkatan Penjualan UMKM Melalui Analisis SOAR (Studi Pada Usaha Bakso Di Desa Banyuning). JNANA SATYA DHARMA, 11(2).

Rohman, A. F., & Faddila, S. P. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Pada Percetakan Cipta Ratu. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(3), 34-51.

Sainuddin, I. H. (2020). Pengoperasian Penelitian Grounded Theory. As-Shaff: Jurnal Manajemen Dan Dakwah, 1(1), 14-23.

Setyawan, A. (2022). Upaya Pengelolaan Percetakan Biru dengan Analisis SWOT. EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam, 9(1), 72-81.

Setyorini, H., & Santoso, I. (2017). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT dan QSPM (studi kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46-53.

Suhartini, S. (2018). Analisa Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan. MATRIK: Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 12(2), 82-87.

Utama, I. D. (2019). Analisis strategi pemasaran pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada era digital di Kota Bandung. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(1), 1-10.

Witari, S. R. A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Pada Peningkatan Pendapatan Foto Copy Spectra Rumbai Pekanbaru Di Tinjau Menurut Ekonomi Syariah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Zevi, I. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada Pt. Proderma Sukses Mandiri (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Downloads

Published

2024-10-23