PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
Keywords:
Media Pembelajaran, Flashcard berbasis Augmented Reality, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan atau Resech and Development (R&D) dengan model Penelitiannya adalah model ADDIE meliputi lima tahap yakni Analisys (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Subjeknya adalah peserta didik kelas II SDN Doromukti sejumlah 13 orang, sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, dan lembar tes. Penelitian ini dilatar belakangi dari masalah yang timbul dalam pembelajaran matematika dikelas di mana kurang didukungnya alat peraga atau media pembelajaran dikelas sehingga siswa kurang konsentrasi terhadap pembelajaran dan membuat hasil belajar siswa menurun serta motivasi belajar juga menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui media pembelajaran Flashcard berbasis Augmented Reality didambakan bisa memperbaiki hasil belajar siswa yang rendah menjadi meningkat khususnya pada mata pelajaran matematika materi mengenal bangun ruang kubus dan balok, dari perhitungan data yang didapat media Flashcard berbasis Augmented Reality memenuhi kriteria kelayakan yang dibuktikan dengan presentase skor akhir validasi media 97,1%, validasi ahli materi 94,2%, validasi ahli bahasa 93.3% selain itu pada uji tingkat kepraktisan kuisioner respon guru memperoleh skor 96% dan kuisioner respon siswa 95,53% sedangkan uji kefektifan melalui lembar tes memperoleh hasil 0.69 atau 69% dengan presentase sedang atau cukup efektif.
References
Aditama, P. W., Nyoman Widhi Adnyana, I., & Ayu Ariningsih, K. (2021). Augmented Reality Dalam Multimedia Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 176–182.
Akbar, R. M. (2022). Flashcard Sebagai Media Pembelajaran. In Haura Utama (Issue July). https://www.researchgate.net/publication/362333534_Flash_Card_sebagai_Media_Pembelajaran_dan_Penelitian
Education, E., Elisa, P. N., & Perjuangan, U. B. (2021). Jurnal basicedu. 5(1), 446–452.
Fitriani, E., Waspodo, M., & Gatot, M. (2022). Monograf Media Flashcard Baca Kata Digital Untuk Anak Usia Dini.
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Rme Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20
Ilma, M. F. M., Roebyanto, G., & Ahdhianto, E. (2022). Pengembangan Media Kartu Baruang (Belajar Bangun Ruang) Berbasis Augmented Reality untuk Kelas VI SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(1), 36. https://doi.org/10.17977/um009v31i12022p036
Kristanto, A. (2021). Buku Media Pembelajaran. In Bintang Sutabaya (Issue January).
Liberna, H., Nurfitriyanti, M., & Agustini, S. (2022). Kemandirian dan Kreativitas Belajar serta Pengaruhnya dalam Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 307. https://doi.org/10.30998/sap.v7i2.13995
Margareth, H. (2017). No Title طرق تدريس اللغة العربية. In Экономика Региона.
Nina, Q. A., Fatih, M., & Alfi, C. (2023). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality Materi Gaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8558–8564. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2597
Pujaastwa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. 1–11.
Putra, I. K. M., Astawa, N. L. P. N. S. P., & Satwika, I. P. (2020). Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality “PRIARMIKA.” In Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi (Vol. 4, Issue 2). https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11600
Qorimah, E. N. (2022). Learning in. 6(2), 2055–2060.
Qorimah, E. N., Laksono, W. C., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2022). Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) pada Materi Rantai Makanan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 57–63. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46290
Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.214