PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KADO (KADO) KARTU JODOH DALAM MATA PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Media Kartu Jodoh, Kevalidan, Kepraktisan, KeefektifanAbstract
Berdasarkan hasil observasi pembelajaran kelas IV, media pembelajaran masih memiliki keterbatasan dalam hal pembelajaran. Dalam memberikan materi ajar, pengajar hanya mengacu pada buku modul ajar yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini menyebabkan siswa salah memahami materi ajar karena buku tersebut sangat berhasil dalam menyampaikan materi ajar. Selain itu, pengajar tidak pernah memasukkan media ke dalam rencana pembelajaran, melainkan menyampaikan materi ajar kepada siswa melalui teknik ceramah. Tujuan dari proyek ini adalah untuk memberikan akses konten sumber terbuka berupa media KADO (Kartu Jodoh) tentang adat istiadat di daerah saya kepada anak-anak sekolah dasar kelas empat untuk topik sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempromosikan efektivitas, kegunaan, dan keaslian media KADO (Kartu Jodoh). Lima (lima) tahap model ADDIE analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi digunakan dalam jenis penelitian ini, yang dikenal sebagai penelitian dan pengembangan (R&D). Analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas adalah tiga kategori pendekatan analisis data yang digunakan. Uji validasi menghasilkan hasil berikut: 85,71% untuk ahli materi, 90% untuk ahli bahasa, dan 94,54% untuk ahli media yang menunjukkan media KADO (Kartu Jodoh) dikembangkan, yang menunjukkan bahwa hasil tersebut memiliki kriteria penggunaan yang valid. Angket jawaban guru menghasilkan persentase temuan sebesar 93,33%, sedangkan angket respon siswa menghasilkan persentase sebesar 94,04%. Hasil ini menunjukkan seberapa bermanfaat kriteria tersebut untuk tujuan pendidikan. Lebih lanjut, proporsinya adalah 88,53% menurut temuan ujian siswa yang diambil selama percobaan.
References
Basyar, M. K. (2020). Pengembangan pembelajaran pai model addie di smp insan cendekia mandiri. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 44–57.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp
Faujiah, N., Septiani. A.N, Putri, T., & Setiawan, U. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. Jurnal Telekomunikasi, Kendala Dan Listrik, 3(2), 81–87.
Hidayat, A., Irawan, I., Pahlawan, U., Tambusai, T., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2017). PROBLEM SOLVING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN. 1(2), 51–63.
Kholda, K., & Paksi, H. P. (2023). Pengembangan Media Kartu Jodoh ( Mikado ) Untuk Materi Keragaman Sosial dan Budaya di Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(1), 146–155.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Prasetyo, E., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kelas III SDN Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 76–82. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1015
Purwananti, Y. S. (2016). Peningkatan Kualitas Pendidikan Sebagai Pencetak Sumber Daya Manusia Handal. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 220–229.
Puspita, S. M., Khaq, M., & Nurhidayati, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Powtoon Terintegrasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Kelas V Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan SD Negeri Kepatihan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 356-365.
Sa’diyah, N. P., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 552–563.
Sakila, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Youtube untuk Pembelajaran Jarak Jauh (BAB II). Karakteristik Media Pembelajaran, 10–35.
Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770