PENGEMBANGAN MEDIA DAMATE (DAKON MATEMATIKA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI MAIBIT 1
Keywords:
bahan ajar, tujuan pembelajaran matematika, damate (dakon matematika)Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan sumber daya KPK dan FPB untuk mengembangkan dakon matematika, atau media damate, untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV di UPT SD Negeri Maibit 1. ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) adalah pendekatan penelitian yang digunakan. Siswa dari UPT SD Negeri Maibit 1 di kelas IV turut serta dalam penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, damate (dakon matematika) dapat membantu siswa kelas IV belajar matematika dengan lebih efektif saat menggunakan materi KPK dan FPB. Oleh karena itu, disarankan agar media ini digunakan sebagai pengganti pembelajaran matematika di sekolah dasar.
References
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Keislaman, K. (2022). The Concept of Research in Education. Routledge Library Editions: Philosophy of Education: 21 Volume Set, 21(1989), 137–153. https://doi.org/10.4324/9780367352035-10
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188
Rabiah, S. (2018). Penggunaan Metode Research and Development dalam Penelitian Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. April 2015, 1–7. https://doi.org/10.31227/osf.io/bzfsj
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Rawe, T. (2022). Penerapan Model Addie Dan Self-Directed Learning Pada Program English Study At Home Berbasis E-Learning Di Eye Level Citra Gran Cibubur. Jurnal Instruksional, 3(2), 166. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/12503%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/download/12503/6932%0Ahttps://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/1530
Rosnaningsih, A., Ardelia, E., & Anggestin, T. (2021). Pengembangan E-LKS Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Model ADDIE di Sekolah Dasar Negeri Karawaci Baru 4 Kota …. Ikra-Ith Humaniora …, 5(3), 44–53. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/1470/1194
Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160–1166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.517
Sukatin, S., Nuri, L., Naddir, M. Y., Sari, S. N. I., & Y, W. I. (2022). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Journal of Social Research, 1(8), 916–921. https://doi.org/10.55324/josr.v1i8.187
Wulantina, E., & Maskar, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar MatematikaBerbasis Lampungnese Ethomathematics. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(02), 71–78.