PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SD NEGERI SIDOTENTREM I
Keywords:
E-Modul, Contextual Teaching and Learning, IPASAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat dan mengembangkan bahan ajar e-modul berbasis kontekstual. Jenis penelitian dan pengembangan (R&D) digunakan dalam penelitian ini. Dalam mata pelajaran IPAS, penelitian ini menghasilkan produk e-modul berbasis kontekstual. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri Sidotentrem I. Analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi adalah langkah-langkah dalam model penelitian ADDIE. Dalam penelitian ini, tiga metode analisis data digunakan: analisis kevalidan e-modul, analisis keefektifan e-modul, dan analisis kepraktisan e-modul. Instrument yang digunakan untuk menguji tingkat kevalidan e-modul dengan lembar.validasi.ahli yang.terdiri.dari.ahli.materi, ahli.media.dan ahli.bahasa. Instrument yang digunakan untuk menguji tingkat keefektifan e-modul dengan menggunakan tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan. untuk. menguji. tingkat kepraktisan e-modul dengan menggunakan lembar angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil validasi ahli diperoleh persentase ahli materi 92%, ahli bahasa 85%, dan ahli media 86,66% dengan kriteria sangat valid. Hasil tes belajar siswa diperoleh persentase 90,47% dengan kriteria efektif. Berdasarkan respon.guru.dan.siswa.diperoleh persentase 94% dan 91,16% dengan kriteria sangat praktis.
References
Agustin, D. Y., Setyosari, P., & Suharti, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Digital untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(12), 1793. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14335
Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 150–157. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.467
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat, 6(1), 80–88. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM
Caesar, H., & Wiratama, N. A. (2023). Pengembangan Media Peran ( Pop Up Book Peraturan ) Pada Pembelajaran Ipas Kelas Iv Sdn Kebomlati Tuban. 1(2), 58–63.
Charlina. (2021). Flip Book Based Electronic Module As Learning Needs To Write Adversiting Texts For Junior High School Students. x(1).
Dismarianti, I., Anggun, D. P., Riswanda, J., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2020). Pengembangan media pembelajaran biologi Berbasis modul elektronik (E- Modul) pada materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII SMP/MTS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020, 110–119.
Fatimah, I., & Wiratama, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(18), 1–12.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Research & Learning in Faculty of Education Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Pendidikan. 3.
Nurmalasari, L., Akhbar, M. T., & Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Media Kartu Hewan dan Tumbuhan (TUHETU) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Safitri, E., & Cacik, S. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. 2(1), 1–10. http://repository.unj.ac.id/42891/
Susilowati, D. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Implementasi Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipas. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 186–196. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16091
YENTI, I. N. (2016). Pendekatan Kontekstual (Ctl) Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Ta’dib, 12(2). https://doi.org/10.31958/jt.v12i2.161