PENGEMBANGAN MEDIA PMS (PIZZA MATHEMATIC SPINNER) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
Media PMS, Matematika, Hasil BelajarAbstract
Pengembangan media PMS (Pizza Mathematic Spinner) bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar matematika di kalangan siswa sekolah dasar. Media ini berbentuk permainan berputar yang menyerupai pizza, dengan materi matematika yang diatur secara acak, memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Proses pengembangan mengikuti model ADDIE, yang terdiri dari Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian ini melibatkan siswa kelas V di UPT SD Negeri Kebomlati. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, serta kuesioner untuk guru dan siswa, dan lembar tes siswa. Evaluasi menunjukkan bahwa media PMS mendapatkan penilaian validitas yang sangat baik, yaitu 94% dari ahli materi, 84% dari ahli bahasa, dan 88% dari ahli media. Setelah perbaikan, media ini diuji coba di lapangan. Kuesioner tanggapan guru mencatat skor 91,11%, sementara tanggapan siswa mencapai 91,37%. Hasil tes siswa menunjukkan efektivitas media ini dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 84,37%. Data dari kuesioner dan tes siswa menegaskan bahwa media PMS (Pizza Mathematic Spinner) yang dikembangkan adalah valid dan praktis.
References
Ahmad, R. (2019). Pengembangan media pembelajaran spinner word berbasis kontekstual untuk pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III di SD No. 9 Benoa, Kabupaten Badung.
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan e-book menggunakan aplikasi Book Creator untuk materi bangun ruang di kelas V sekolah dasar.
Damies, M. A. (2019). Penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. *Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 17*(2), 315-330.
Darmawan, I. P. (2021). Manajemen Kualitas Total dalam Pendidikan: Model, Teknik, dan Implementasi. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Gustiani. (2019). Metode penelitian dan pengembangan (R&D) sebagai model desain dalam penelitian pendidikan dan alternatifnya.
Khuluqo, I. E. (2023). Konsep dasar belajar dan pembelajaran, metode, serta aplikasi nilai-nilai spiritualitas dalam proses pendidikan.
Mufida, N. F. (2021). Pengembangan media pembelajaran Spinning Question untuk materi kerja sama ekonomi internasional. *Jurnal Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung*.
Noni, R. (2016). Pembuatan media pembelajaran baru, Smart Spinner.
Purwanti, K. L. (2018). Kemampuan literasi matematika dalam pendekatan discovery learning berbasis RME berdasarkan gaya belajar siswa kelas V.
Sain, M. (2014). Konsep dasar belajar dan pembelajaran.
Sudjana, N. (2006). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa.
Winarni, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran dengan model ADDIE untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tema 7 di SDN 1 Purwosari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. *Jurnal Pendidikan Islam, 5*(2), 226-239.
Wiratama, N. A. (2019). Penggunaan media audio visual dalam model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kamulan II, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.