KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS STEM

Authors

  • Lia Listiana Wati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Edy Nurfalah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Discovery Learning, STEM

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII SMP ditinjau dari model pembelajaran Discovery Learning berbasis STEM. Metode penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Tuban. Setiap kelas diberikan 5 soal uraian untuk dijawab dan jawabannya harus menunjukkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis  matematika. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa tergolong tinggi hingga sangat tinggi setelah menggunakan pembelajaran Discovery Learning berbasis STEM. Hal ini dilihat dari skor tes siswa. Serta, jumlah skor rata-rata rendah dalam menginferensi dan jumlah skor rata-rata tinggi dalam menganalisis jawaban dari soal yang diberikan.

References

Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993

Arisha, D., Surya, E., & Kritis, K. B. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. 7, 345–352.

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Geong, E. A. P., & Mahmudi, A. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Peluang Berbasis Discovery Learning Berorientasi Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Self-Efficacy Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 51. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6370

Herdiansyah, D., & Kurniati, P. S. (2020). Pembangunan Sektor Pendidikan Sebagai Penunjang Indeks Pembangunan Manusia Di Kota Bandung. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 8(1), 43–50. https://doi.org/10.34010/agregasi.v8i1.2765

Irfiani, V., Junaedi, I., & Waluya, S. B. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i2.157

Lakusa, J. S., Moma, L., & Palinussa, A. L. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 4(1), 17–28. https://doi.org/10.30598/jumadikavol4iss1year2022page17-28

Nainggolan, S. S., Putri Johan, D. H., & Purwanto, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar di SMAN 7 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(1), 39–48. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i1.13617

Nurfalah, E. (2019). Model PBL dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), 2684–6810. http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm

Nurfalah, E. (2022). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 2 Palang dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnar Riset Pembelajaran Matematika. http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm

Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 83–92. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1918

Setiyaningrum, N., & Sari, C. K. (2023). Lkpd Berbasis Problem Based Learning: Upaya Mendukung Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Pola Bilangan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 202. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5819

Ulum, U. F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teori Bilangan Berbasis Macromedia Flash. Pi: Mathematics Education Journal, 3(2), 40–47. https://doi.org/10.21067/pmej.v3i2.4828

Wahyuni, F. T., Dewi, R., & Lestari, T. (2022). Eksperimentasi Model Pbl Berbasis Stem Terhadap Wirausaha Siswa Kelas Vii Mts Nu Assalam Kudus. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(3), 41–49. http://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/274%0Ahttp://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/download/274/154

Downloads

Published

2024-11-23