MENDORONG KESETARAAN INKLUSI DI ERA DIGITAL: KATALOG PRODUK UMKM DISABILITAS SEBAGAI SARANA PEMBERDAYAAN EKONOMI
Keywords:
Inklusi Sosial, Penyandang Disabilitas, Ekonomi Digital, E-Katalog, Pemasaran DigitalAbstract
Dalam upaya meningkatkan inklusi sosial dan ekonomi penyandang disabilitas dalam era digital, program pengabdian kepada masyarakat ini dirancang untuk memanfaatkan teknologi informasi, khususnya pembuatan e-katalog, untuk memperluas akses pasar dan meningkatkan visibilitas produk. Program ini melibatkan pelatihan dan pendampingan dalam pengumpulan data produk, pembuatan e-katalog yang menarik, dan integrasi dengan platform e-commerce. Hasil yang dicapai termasuk peningkatan keterampilan digital para peserta, peluncuran e-katalog online yang profesional, dan peningkatan signifikan dalam jangkauan pasar dan visibilitas produk. Program ini tidak hanya menguatkan kapasitas ekonomi penyandang disabilitas tetapi juga mempromosikan inklusi sosial yang lebih luas, menegaskan posisi mereka sebagai partisipan aktif dalam masyarakat digital. Hasil ini menunjukkan efektivitas teknologi digital sebagai alat pemberdayaan, mendukung penyandang disabilitas untuk mencapai kemandirian ekonomi dan integrasi sosial.
References
Annett-Hitchcock, K. & Xu, Y. (2015). Shopping and Virtual Communities for Consumers with Physical Disabilities. International Journal of Consumer Studies, 39(2), 136–144. https://doi.org/10.1111/ijcs.12161
Basid, A., Faizin, N., Ramadhan, M. R. & Yaqin, M. A. (2023). Reinterpretation Strengthening Catalog Sharing Using Whatsapp Business As An Online Marketing Media At Pande Besi In Sumberpasir Village. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://jpsy165.org/ojs/index.php/jpsy165/article/view/32.
Darku, E. D. (2023). Electronic Marketing Training For Small Businesses With Disabilities (E-Marketing Training For Diffable Small Business). International Journal of Community Service Implementation, 1(1).
Diani, F., & Lubis, F. A. (2022). Analisis Implementasi E-Katalog Terhadap Perkembangan UMKM di Kota Medan dalam Mendukung Kemajuan Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1970-1981.
Haryoko, A., Nurlifa, A., & Yuliasari, U. (2019). Pelatihan Implementasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Tuban. Prosiding SNasPPM, 4(1), 228–230.
Herpindo, H., Singgih, S., Yudhanto, W., & Nikmatullah, M. R. (2024). Pembuatan Katalog Online Layanan Jasa Berbasis Web Sebagai Media Periklanan Penyedia Layanan Jasa UMKM Desa Trasan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 6080–6090.
Irawan, P. L. T., Prilianti, K. R., & Melany, M. (2020). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce di Kelurahan Tlogomas. Jurnal Solma, 9(1), 33–44.
Mariam, S. & Ramli, A. H. (2022). Pengenalan Digital Marketing E-Katalog bagi UMKM Binaan Jakpreneur. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 74–83. http://ojs.stiami.ac.id
Prameka, A. S. (2024). Pelatihan Foto Produk Sebagai Penguatan Kreatifitas Pemasaran Wirausaha di Malang Raya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(1.1), 309–316.
Prameswari, N. S., Krisnawati, M., Widagdo, P. B., & Luthfia, K. H. (2023). Desain E-Katalog UMKM Fesyen “Womanpreneur Community” Surakarta dalam Transformasi Ekonomi Digital. Fashion and Fashion Education Journal, 12(2), 39-53.
Raharjo, M. R., Ridho, I. I., & Muin, A. A. (2022). Pelatihan Aplikasi E-Katalog Pada Karang Taruna Fajar Mulia Banjarbaru. Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen UNISKA MAB, (1).
Ridwan, M., & Tarmizi, M. H. (2018). Sistem Sosialisasi Informasi Pemerintahan Desa Dan UKM (Usaha Kecil Menengah) Desa Berbasis Website Dengan Menggunakan Pendekatan Content Management System (CMS) Studi Kasus: Desa Wonosekar Kecamatan Gembong, Pati. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 6(1), 61–66.
Sagita, L., Sari, M. W. & Dwipa, N. M. S. (2019). A Web Based Market Access Improvement of Community Service Product. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012066
Sari, M. N., Maliha, D. W., Widiyanti, S., Mulyodiputro, M. D., Nugraha, J. P., Rihastuti, S., Sugiarto, S., Sasongko, D. B., Suartini, S., & Amaliah, T. H. (2024). Intelegensi Bisnis Digital. Mega Press Nusantara.
Syahrial, M. F., Yuliasari, U., Nurlifa, A., & Haryoko, A. (2023). Pelatihan Marketing Dan Digital Untuk Peningkatan Usaha Rumah Tangga Era Revolusi Industri 4.0 Di Kecamatan Semanding. Jurnal Abdisembrani, 1(2), 92–97.