PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK SMP
Keywords:
Media Interaktif, PBL, Kemampuan Literasi Numerasi, Peserta Didik SMPAbstract
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analysis, hal yang dilakukan peneliti ialah menganalisa kebutuhan serta masalah terkait kemampuan literasi numerasi peserta didik SMP. Tahap design, peneliti melakukan penyusunan rancangan media pembelajaran, materi pembelajaran, dan pembuatan storyboard. Pada tahap development, peneliti melakukan pengembangkan terhadap storyboard. Tahap implementation, hal yang dilakukan peneliti ialah uji coba produk pada validator untuk melihat tingkat kevalidan serta kepada subjek coba kelas VIII di SMP Negeri 4 Tuban untuk menilai tingkat kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran. Selanjutnya tahap evaluation, tahap ini digunakan pada setiap tahapan. Hasil dari penelitian ini diperoleh sangat valid, sangat praktif, dan cukup efektif. Hasil ini dianalisa menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar kepraktisan serta soal tes untuk melihat keefektifan. Setelah dilakukan analisa dihasilkan perolehan skor 4,3 validasi ahli media dan 4,6 validasi ahli materi sehingga dapat dikategorikan sangat valid. Perolehan skor 4,7 oleh observer dan 4,3 oleh peserta didik pada kepraktisan sehingga dapat dikategorikan sangat praktis serta memperoleh skor 76% pada tingkat keefektifan sehingga dapat dikategorikan efektif dalam kriteria N-Gain.
References
Demon, H., Nubatonis, O. E., & ... (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android Dengan Menggunakan Software Ispring Suite 6 Pada …. … Matematika …. http://jurnal.unimor.ac.id/SEMNASDIKA/article/download/2117/743
Direktorat Sekolah Dasar. (2023). Apa-Itu-Literasi-Dan-Numerasi @ Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id. In Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/apa-itu-literasi-dan-numerasi
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Kalsum, U., & Sulastri, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didikpada Kelas 5 SDN 027 Takatidung. Jurnal Keren, 1(5), 1–7. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2560365
Made Sri Dewi, A., & Nyoman Ayu Lestari, P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 433–441.
Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. 3(1), 20–28.
Putri, R. W. B., Setiana, H., & ... (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning di SMP Negeri 20 Semarang. … Seminar Nasional IPA, 157–164. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2299%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/download/2299/1782
Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28
Siregar, Y. R., & Rosmaini. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Materi Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP. KODE: Jurnal Bahasa, 11(3), 44–55. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/28297
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860
Sulistyaningrum, H., Nuraida, D., Wardhono, A., & Andik, M. (2023). Analisis dan Desain Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 59–68. https://doi.org/10.55719/jt.v8i2.948
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yanti, C. O. D., Anggraini, F., & Darwanto. (2019). Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Siswa. Semnasfip, 201–206. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/5128
Yustinaningrum, B. (2023). Deskripsi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Menggunakan Polya Ditinjau Dari Gender. Jurnal Sinektik, 4(2), 129–141. https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6174