VALIDITAS LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI TPACK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Keywords:
LKPD, Problem Based Learning, TPACKAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas pengembangan LKPD berbasis masalah terintegrasi TPACK mengenai materi bangun ruang sisi datar. Metodologi penelitian yang diterapkan dikategorikan sebagai R&D atau penelitian dan pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari empat fase yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun penelitian dan pengembangan ini hanya dilakukan sampai fase pengembangan dengan uji validitas. Instrumen pengumpulan data yang dipakai berupa lembar validasi untuk mendeskripsikan validitas LKPD. Hasil uji validitas pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning terintegrasi TPACK berdasarkan penilaian dari validator yaitu ahli materi yang mengindikasikan bahwa LKPD yang dirancang memperoleh nilai rata-rata seluruhnya 4,6 dengan indikator sangat baik, sedangkan oleh ahli media memperoleh nilai rata-rata seluruhnya 4,2 dengan indikator baik. Kesimpulannya yaitu LKPD berbasis Problem Based Learning terintegrasi TPACK ini diklasifikasikan valid akibat terpenuhinya kriteria minimal baik.
References
Afendi, S. (2024). B1_07_Silvia_Afendi_penelitian relevan.pdf. Universitas Negeri Padang.
Awal, R., Sari, E., & Martalasari, M. (2023). Sosialisasi Etno-Vlog Sebagai Media Pembelajaran Kekinian Terintegrasi Local Knowledge. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(5), 613–620. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1140
Ayu, R. (2023). EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Jurnal Biogenerasi, 8(1), 385–388. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2254
Fortuna, I. D., Yuhana, Y., & Novaliyosi. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning untuk Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1308–1321.
Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1341–1351.
Habsyi, R., R. M. Saleh, R., & Isman M. Nur. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Dicovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.385
Ismail, D. P. P., Prayitno, S., Turmuzi, M., & Sridana, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 140–147. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3194
Marlina. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Peserta Didik Kelas VI SDN Inpres Pusu Kabupaten Bima. UIN Alauddin Makassar, 06(1), 1–14.
Maydiantoro, A. (2019). Gambar 1. Model Penelitian Pengembangan (Borg & Gall, 1983). 10.
Nur Aura Ladistya Novanda, Supeno, S., & Aris Singgih Budiarso. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(1), 8–18. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1435
Nurjanah, N., Sutrisno, S., & Marzal, J. (2021). Pengembangan Perangkat Berbasis TPACK pada Materi Garis dan Sudut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 180–189. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.552
Nurjanah, N., Sutrisno, S., & Marzal, J. (2022). Pengembangan RPP dan LKPD Berbasis TPACK Pada Materi Garis dan Sudut untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 259–269. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1040
Nurmala, R., Fikriani, T., & Ayu, C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 140–147. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3194
Rahayu, P., & Ulul, E. D. (2018). Validitas lembar kerja mahasiswa berbasis konstruktivisme pada mata kuliah kapita selekta matematika II. Jurnal Teladan, 3(2), 111–119.
Yustinaningrum, B. (2023). Deskripsi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Menggunakan Polya Ditinjau Dari Gender. Jurnal Sinektik, 4(2), 129–141. https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6174