PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN IKAN LELE DI POKDAKAN “JABRISAN RUMBUK DADI MAKMUR”

Authors

Keywords:

Pemanfaatan Media, Sarana, Pemasaran, Ikan Lele

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu hal terpenting dalam siklus usaha, dimana ujung tombak usaha maju dan berkembang adalah bagaimana pelaku usaha bisa memasarkan produk/jasa yang di hasilkan  (Rasam & Sari, 2019). POKDAKAN Jabrisan Rumbuk Dadi Makmur merupakan kelompok pembudidaya ikan lele yang terbentuk pada bulan November 2022 akan tetapi pembudidaya rata-rata memulai budidaya dari tahun 2014. Kelompok  yang terdiri dari 10 pembudidaya ini memiliki tujuan utama yaitu bersinergi dalam hal pemasaran, hal ini di pengaruhi banyaknya kompetitor dalam bidang budidaya dan juga pengolahan produk ikan lele.  Permasalahan mitra saat ini adalah dalam bidang pemasaran benih lele, lele siap konsumsi dan juga pemasaran produk olahan berbahan dasar lele yang pada tahun lalu kami pernah melakukan pelatihan diversifikasi olahan. Cara pemasaran yang sudah di lakukan masih secara konvensional. Solusi yang ditawarkan : Pelatihan pemasaran menggunakan media sosial dan pendampingan pembuatan akun bisnis dan fitur-fitur pemasaran. Target kegiatan ini sesuai permasalahan yaitu pelatihan pemasaran dengan menggunakan media sosial dan pendampingan pembuatan akun bisnis dan fitur pemasaran. Indikator capaian: peningkatan pengetahuan mitra mengenai pemasaran modern/digital marketing dengan menggunakan media sosial Instagram dan Facebook. Output dari kegiatan ini berupa publikasi ilmiah di jurnal/prosiding ber ISBN, Artikel pada Media Online/Cetak, video kegiatan. Hasil kegiatan di dapatkan adanya peningkatan pengetahuan mitra minimal 90,6% terkait penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran. Output dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah publikasi ilmiah di jurnal/prosiding ber ISBN, Hak Cipta (Artikel), video kegiatan yang bisa di akses di media sosial.

References

Afrilia, A. M. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “waroenk ora umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.

Baginda, B. H., Singarimbun, R. N., & Hasibuan, E. H. (2022). Penggunaan Sosial Media Interaktif Di Masa Pandemi Guna Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa SMK Halongonan Kelas X. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(3), 1–6.

Darmadi, D., Suharyono, M. A., & Latief, W. A. (2013). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Penjualan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol, 2, N0.

Diniati, A., Sutarjo, M. A. S., & Primasari, I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kabupaten Sumedang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 553–561.

Firdaus, M., Putri, H., & Hafsaridewi, R. (2019). Usaha Budidaya Ikan Lele (Clarias Sp) pada Kawasan Minapolitan “Kampung Lele” Kabupaten Boyolali. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 3(2), 79–89.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga, 64.

Laksmana, D. S., & Setyawan, A. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui media sosial sebagai media promosi UMKM era new normal di Desa Gunungsari, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi. Buletin Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, 1(1), 20–26.

Nuraeni, S. D., & Suryawardani, B. (2017). Analisis Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Pt. Niion Indonesia Utama Tahun 2017. EProceedings of Applied Science, 3(2).

Nurussofiah, F. F., Karimah, U., Khodijah, S., & Hidayah, U. (2022). Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Di Era Globalisasi. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 92–108.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80.

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2019). Peran pemasaran dalam kegiatan usaha pada masyarakat di desa Jatibaru, Cikampek. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(2), 82.

Sudirjo, F., Purwati, T., Widyastuti, W., Budiman, Y. U., & Manuhutu, M. (2023). Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7524–7532.

Windari, A. N. (2021). Upaya Meningkatkan Omset Penjualan Di Era Pandemi Covid-19 Berbasis Media Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pedagang Ikan Segar Di Pasar Tradisional Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang).

Yunikartika, L., & Harti, H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Kuliner Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Akun Instagram@ carubanmangan. Jurnal E-Bis, 6(1), 212–230.

Downloads

Published

2024-10-02