KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DENGAN KONTEKS SOSIAL BUDAYA PALANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI GENDER
Keywords:
gender, literasi numerasi, sosial budayaAbstract
Kemampuan, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menerapkan berbagai angka dan simbol matematika dasar, memahami data yang disajikan dalam tabel, diagram, atau grafik, kemudian menerapkan dan mengimplementasikan data untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari secara terorganisir dan efisien disebut literasi numerasi. Salah satu prinsip dasar literasi numerasi adalah kontekstualitas, yang berarti bahwa literasi numerasi mempertimbangkan faktor-faktor seperti latar belakang sosial budaya, geografi, dan sebagainya. Konteks sosial budaya memberi peran penting dalam perkembangan numerasi siswa. Norma serta nilai yang berlaku di kehidupan sekitar dapat juga mempengaruhi cara pandang siswa baik siswa laki-laki maupun perempuan dalam bidang matematika dan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas V SDN Palang dengan konteks sosial budaya Palang ditinjau dari gender. Data diambil secara langsung di lapangan, kemudian hasil dari pengolahan data akan diuraikan dalam bentuk deskriptif. Jadi, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian ini. Dua instrumen tambahan yang digunakan adalah (1) pedoman untuk tes literasi numerasi dan (2) pedoman untuk wawancara. Teknik Milles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan digunakan dalam metodologi analisis data penelitian ini. Berdasarkan tes sembilan siswa memiliki keterampilan literasi numerasi rendah, empat belas siswa memiliki keterampilan literasi numerasi sedang, dan lima siswa termasuk dalam kelompok literasi numerasi tinggi. Dibandingkan dengan siswa perempuan, siswa laki-laki memiliki keterampilan literasi numerasi yang lebih unggul.
References
Alma, F., Lastuti, O., Maharani, R. M., & Pratini, H. S. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Kelas VIII Menurut Gender, 424–427.
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
Direktorat Sekolah Dasar. (2021). Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar yang Harus Kita Ketahui dan Miliki.
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachman. A, Veniaty, S., & Ramadhan, I. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(No.1), 102–113.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., … Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud., 8(9), 1–58.
Ifa Seftia Rakhma Widiyanti, Mu’jizatin Fadiana, & Cacik, S. (2023). Kemampuan Awal Numerasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Tuban. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.33474/elementeris.v5i1.19429
Kemendikbudristek. (2023). Laporan Pisa Kemendikbudristek. Pemulihan Pembelajaran Indonesia, 1–25.
Koyan, P. D. I. W. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, (March), 54–68.
Mariamah, Suciyati, & Hendrawan. (2021). Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Tunas : Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2), 17–19.
Mustari, A. S. (2024). Kabupaten Tuban Dalam Angka Tuban Regency In Figure 2024 Volume 1, 2024. (Y. Prasetyono, Ed.). Tuban: BPS Kabupaten Tuban.
Priantini, O. D. (2022). Pengaruh Literasi Numerasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Universitas Muhammadiyah Jakarta, 59.
Purnomo, Y. (2017). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897
Rachma Kurniasi, E., Hevitria, H., Fauziani, M., & Safitri, I. (2023). Pengembangan Soal Literasi Numerasi Konteks Budaya Bangka Bagi Siswa SD. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(2), 21–29. https://doi.org/10.29407/pn.v8i2.18985
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360.
Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. Fondatia, 5(2), 153–162. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1387
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (1st ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.