PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK USIA DINI
Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Sains Anak Usia Dini, Stimulasi KognitifAbstract
Penelitian ini dilakukan agar dapat diketahui pengaruh dari metode inkuiri terbimbing terhadap pembelajaran sains anak usia dini. Rancangan ini dibuat dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing diberi pengamatan awal dan pengamatan akhir yang kemudian diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelompok B2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah pengamatan, uji coba, dan pencatatan. Sampel penelitian ini melibatkan 30 anak yang dibagi menjadi kelompok B1 dan B2. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelompok B1 yaitu 5,3 dan kelompok B2 adalah 5,2 setelah perlakuan diberikan kepada kelompok B1 dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing sebagai kelas eksperimen, nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 7,3. Sementara kelompok B2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran lama memiliki nilai rata-rata post-test sebesar 5,8. Berdasar hasil uji hipotesis nilai signifikasinya 0,000 yang artinya < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri terbimbing berdampak terhadap pembelajaran sains pada anak usia dini.
References
Afrida, B. R., & Aryani, N. P. (2022). Buku Ajar Asuhan Kebidanan pada Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah. Penerbit NEM.
Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dan penerapannya pada anak usia dini di TK IT Al-Farabi. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199.
Anisari, A. (2023). Penerapan Metode Discovery Dalam Pembelajaran PAI. Khidmat, 1(1), 55–60.
Aryani, P. R., Akhlis, I., & Subali, B. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbentuk augmented reality pada peserta didik untuk meningkatkan minat dan pemahaman konsep ipa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 90–101.
Badin, P. P., Suastra, I. W., & Candiasa, I. M. (2023). Dampak Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3).
Beddu, S. (2019). Implementasi pembelajaran higher order thinking skills (HOTS) terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 71–84.
Dewi, E. R. V., Hibana, M. A., & Ali, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 267–282.
Lidia Susanti, S. P. (2020). Strategi pembelajaran berbasis motivasi. Elex Media Komputindo.
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implikasinya bagi pembelajaran. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 31–47.
Nurindah, S. (2019). Efektivitas Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter anak di TK Permata Bunda Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Prilliza, M. D., Lestari, N., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Efektivitas penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 130–134.
Risnawati, A. (2020). Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 513–515.
Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin.