PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN SISWA FASE E PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI
Keywords:
pengembangan, evaluasi pembelajaran, wordwall, materi kegiatan ekonomi, siswa fase EAbstract
Pada era digital saat ini, pemanfaatan teknologi menjadi sangat penting, khususnya dalam bidang pendidikan. Meskipun demikian, realitasnya banyak institusi pendidikan masih mengandalkan metode tradisional berbasis kertas untuk evaluasi pembelajaran. Menanggapi situasi ini, sebuah studi pengembangan dilakukan di SMA Negeri 1 Tambakboyo. Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat evaluasi pembelajaran berbasis Website Wordwall untuk mengukur kemampuan siswa fase E pada materi kegiatan ekonomi serta respon siswa terhadap penggunaan website wordwall sebagai alat evaluasi. Model Borg and Gall digunakan dalam pengembangan alat evaluasi. Penelitian ini melibatkan populasi 28 siswa pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Produk yang dikembangkan berupa 50 butir soal. Validasi produk menunjukkan validitas yang sangat tinggi: 93,82% dari validator pertama, 85,5% dari validator kedua, dan 93,07% dari praktisi. Reliabilitas menggunakan ICC dengan hasil 0,80. Uji coba di lapangan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tambakboyo. Hasil analisis menunjukkan bahwa 50 butir soal dinyatakan valid, dengan tingkat reliabilitas mencapai 0,935 yang berarti sangat reliabel. Berdasarkan analisis daya beda, 33 soal menunjukkan kemampuan yang baik dalam membedakan tingkat pemahaman siswa, sementara 17 soal lainnya memiliki daya pembeda yang cukup. Sedangkan pada tingkat kesukaran, soal-soal tersebut terbagi menjadi tiga kategori yakni 2 soal tergolong sukar, 37 butir soal dengan tingkat kesulitan sedang dan sisanya (11 butir soal) termasuk dalam kategori mudah. Alat evaluasi tersebut juga mendapat respon positif dari siswa sebesar lebih dari 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen evaluasi pembelajaran yang dikembangkan menggunakan platform Wordwall terbukti layak untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar. Alat ini menyajikan opsi yang efisien dan kreatif dibandingkan metode evaluasi konvesional. Lebih lanjut, para siswa memberikan tanggapan yang menggembirakan terhadap penggunaan alat evaluasi ini.
References
April, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal Dengan Metode Pendampingan Pola “OCF” di SDN Yanti Jogoroto. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(1), 17. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p17-24
Hasanah, N., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Materi Evaluasi Pembelajaran Berbasis Wordwall Untuk Siswa Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(2), 153–166. https://doi.org/10.30762/sittah.v4i2.1775
Idrus, N. W., Yulianti, D., & Suparman, U. (2021). Pemanfaatan media wordwall dalam peningkatan perbendaharaan kosakata (vocabulary) pada pembelajaran bahasa Inggris. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 22(2), 376–387. https://doi.org/10.23960/aksara/v22i2.pp376-387
Komariah, K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Dakon Bilangan Pada Pembelajaran Matematika: Konsep FPB Dan KPK Siswa kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 1(2), 62–65. https://doi.org/10.37251/jber.v1i2.85
Latifah, U., & Damayanti, M. I. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Platform Wordwall.Net Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Pgsd, 10(6), 1415–1424.
Muhammad, Wan; Fadhilah, Raudhatul; Hadiarti, D. (2018). . Oleh karena itu, diperlukan alat evaluasi yang interaktif dan pembiasaan bagi siswa dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 11–15.
Nengsih, C. O., Zulyusri, Z., & Lufri, L. (2022). Studi Literatur : Penggunaan Alat Evaluasi Pembelajaran IPA Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Edukasi Dan Sains Biologi, 4(1), 10–20. https://doi.org/10.37301/esabi.v4i1.22
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262
Pustika, D., Astuti, I., & Suratman, D. (2019). Pengembangan Media Layanan Informasi Karir Berbasis Google Classroom di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(12), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37803
Ratnawulan, Elis; Rusdiana, H. (2017). EVALUASI PEMBELAJARAN. In Pustaka Setia Bandung (Vol. 549).
Saputri, D. D., Fatih, M., & Alfi, C. (2023). Pengembangan Soal Evaluasi melalui Game Wordwall untuk Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1288–1300. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5054
Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-Langkah dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3793
Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 1(1), 284–291.
Siti, M. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sma Pada Materi Dinamika Rotasi. January. https://doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.15-23
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.). Alfabeta, CV.
Sun’iyah, S. L. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1–18.
Syaiviana, I., Sari, I. Y., Adinda, P., Pratiwi, V. B., & Anggraini, W. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB BERDASARKAN LANGKAH BORG AND GALL. Trigonometri: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 81–90.
Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357