PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK BERTEMA WIWIT (BTW) PADA MATERI WARISAN BUDAYA KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
e-book, tradisi wiwit, warisan budaya, media BTWAbstract
Warisan budaya merupakan identitas yang menjadi pembeda dengan bangsa lain. Namun, pesatnya arus globalisasi mulai menggeser peran warisan budaya dalam kehidupan masyarakat. Adopsi gaya hidup Barat yang kuat mengancam kelestarian nilai-nilai baik yang ada dalam warisan budaya. Salah satu cara guru untuk menjaga kelestarian warisan budaya adalah mengintegrasikan warisan budaya ke dalam proses pembelajaran. Untuk mempermudah pembelajaran, dibutuhkan media pembelajaran yang atraktif. Artikel ini suatu bentuk penelitian yang bertujuan membuat media pembelajaran untuk materi warisan budaya kelas V. Media pembelajaran yang dibuat adalah e-book bertema wiwit (BTW). Penelitian ini menggunakan desain penelitian R&D dengan mengikuti model pengembangan Four-D, namun peneliti hanya melakukan sampai tahap pengembangan (develop). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Data yang terkumpul kemudian diuraikan secara deskriptif, baik data kualitatif maupun kuantitatif. Hasil Uji validitas menunjukkan bahwa media BTW mempunyai standard penggunaan yang valid, dengan skor persentase ahli materi 88,8%, ahli media 89,2%, dan ahli bahasa 85,7%. Hasil angket respon guru memperoleh 92,7% dan angket respon siswa memperoleh 94,1%. Hasil evaluasi siswa menunjukkan nilai ketuntasan klaksikal sebesar 85%. Berdasarkan data validasi, angket respon guru dan siswa, serta hasil evaluasi siswa, dapat dinyatakan bahwa media BTW praktis, valid, dan efektif untuk dimanfaatkan.
References
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat, 6(1), 80–88. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM
Fransisca, S., & Putri, R. N. (2019). Pemanfaatan Teknologi RFID Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(1), 72–75.
Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7111
Handayani, D., Alperi, M., Sura, M. G., & Rohiat, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Kvisoft Flipbook Maker Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2020, 84–92. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm
Kamal, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Elektronik Pada Materi Sistem Imun Development of Learning Media Based on Electronic Book on Immune …. 1–9. http://eprints.unm.ac.id/19302/
Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76
Rahayu, N. S., & Wiratsiwi, W. (2023). Analisis Tingkat Validitas Media Visual Basic Application. 8(2), 1132–1141.
Untuk, D., Dan, M. T., & Mawalina, A. S. (2024). Berbasis Kombinasi Gerak Dasar Atletik dalam Pembelajaran PJOK Siswa Kelas V SD / MI Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Lampung 1445 H / 2024 M Pengembangan Modul Elektronik ( E-MODUL ) dalam Pembelajaran PJOK Siswa Kelas V SD / MI.
Wiratama, N. A. (2021). Pengembangan Media Flashcard Pada Siswa Kelas IV SDN Bendo 2 Kota Blitar Subtema Hewan Dan Tumbuhan. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 509–516.
Wiratsiwi, W. (2019). Tingkat Keefektifan Media Papercraft Struktur Bumi dan Matahari terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gedongombo III Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 133. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13084