PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Authors

  • Wijarotud Dakhiliyah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Mu’jizatin Fadiana Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, Problem Based Learning, Media interaktif

Abstract

Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 4 Tuban menunjukkan bahwa model pembelajaran yang selama ini digunakan lebih terkesan monoton dan membosankan karena didalamnya hanya terdapat teori-teori yang seringkali hanya berisi catatan tertulis dan seringkali penyampaian materi hanya dilakukan dengan metode lama yang hanya mencakup satu gaya belajar saja, sehingga siswa belum terlibat aktif dalan pembelajaran. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dari penerapan model Problem Based Learning dengan media interaktif terhadap berpikir kritis matematika siswa SMP Negeri 4 Tuban pada kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menggunakan angka sebagai hasil data dari penelitian. Peneliti menggunakan nonequivalent control group design dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik cluster random sampling digunakan sebagai teknik untuk pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara pengundian. Sehingga di dapat kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan uji Mann-Whitney karena data tidak berdistribsi normal, hasil uji Mann-Whitneyy  yaitu yaitu  keputusan yang didapat juga  ditolak. Jadi kesimpulannya bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media interaktif memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tuban.

References

Anik Sugiani, K. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smk Di Buleleng. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 457–474. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.770

Arif, D. S. F., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, (2018), 323–328.

Danurahman, J., & Baehaqi Arif, D. (2021). Kajian Kegunaan Google Classroom dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, 254–263. https://doi.org/10.17977/um039v6i22021p254

Eganinta Tarigan, D. (2012). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa.

Fatra, M., Rizki, A., & Maryati, T. K. (2020). Concept-Based Learning Dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(1), 73–85. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16314

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.475

Mukhtar, R. U., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2022). Pengembangan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 873–886. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1094

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Representasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751

Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 51. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64

Panjaitan, M. A., & Panjaitan, A. (2021). Kajian Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 4. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1.28655

Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559

Pifa, Arita, & Lakapau. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Media Kliping Koran dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 266–267.

Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III P-ISSN 2598-5973, (November), 242–248.

Setiawan, I. (2022). Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Di. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 4(1), 12–16.

Yuwono, M. R., & Syaifuddin, M. W. (2017). Pengembangan problem based learning dengan assessment for learning berbantuan smartphone dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 184–202. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.116

Downloads

Published

2024-10-23