PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI JASA BERBASIS APLIKASI AKUNTANSIKU DALAM KURIKULUM MERDEKA
Keywords:
pengembangan, modul, akuntansi, kurikulum, merdekaAbstract
Penelitian pengembangan modul akuntansi perusahaan jasa berbasis aplikasi Akuntansiku bertujuan sebagai alat bantu dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SMK PGRI 2 Tuban. Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran yang fleksibel dan berpusat pada siswa, sehingga diperlukan materi ajar yang dapat mendukung konsep tersebut. Penggunaan aplikasi Akuntansiku diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam praktik akuntansi secara lebih nyata dan interaktif. Penelitian dilakukan dengan jumlah siswa kelas X AKL sebanyak 27 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian meliputi kelayakan modul yang akan dievaluasi pada tahap validasi dari empat aspek yaitu validasi materi, media, bahasa, dan IT. Hasil validasi modul diperoleh penilaian akhir setiap aspek sebesar 73,3% untuk kesesuaian materi, 88,0% untuk kesesuaian media, 98,1% untuk kesesuaian bahasa, dan 93,3% untuk kesesuaian IT.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian validitas modul, pengujian kepraktisan modul, dan pengujian efektivitas modul. Hasil uji validitas modul secara keseluruhan mencapai skor 88,1%, dan hasil uji praktikalitas modul berdasarkan respon guru mencapai skor 88,0%.Hasil uji coba produk kepada siswa, tingkat ketuntasan siswa sebesar 85,9%, dan tingkat ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,1%. Sedangkan, hasil uji efektivitas siswa mencapai skor 85%.Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul akuntansi yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.
References
Ayuningrum, P. B. H., & Fitrayati, D. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa di Kelas XII. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 2094–2103. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5533
Dalimunthe, A., Affandi, M., & Suryanto, E. D. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Teknik Digital Model Addie. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(1), 17. https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26777
Fitria, I. A. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa: Di SMA Ma’arif 2 Brondong. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1287–1295.
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
Mujab, S., Rosa, A. T. R., & Gumelar, W. S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 1538–1545.
Qiptiah, M. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dalam kondisi pendidikan Indonesia saat ini.
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Safri, S., Setiadi, S., Siswanti, T., & Asak, P. R. A. (2024). Pelatihan Dasar Akuntansi, Perpajakan, Dan Komputer Akuntansi Kepada Guru MGMP Akuntansi Jakarta Timur. Jurnal Bakti Dirgantara, 1(1), 16-23.
Sherly, Dharma E, & H. B. Sihombing. (2020). Pengembangan Profesionaliseme Guru dalam Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 3 Balikpapan. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan, 6, 183–190.
Suru, R., Liow, H., Kewas, J., & Maukar, D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multimedia. GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 59–64. https://doi.org/10.53682/gj.v2i1.911
Tania, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).
Vidanti, T., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Kelas XI. Jurnal Manajemen, 13(3), 503–514. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/9697
Widiyawati, L. (2017). Pengembangan Modul Administrasi Pajak Berbasis Kontekstual Pada Materi Pajak Penghasilan (PPH) Pasal 21 Untuk Siswa Kelas XII Akuntasi SMK Negeri Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(1).
Wulandari, D. A., & Susilo, A. (2023). Pengembangan Modul Digital Akuntansi Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Self Efficacy Dan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).