PROBLEM BASED LEARNING: PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Tara Sadida Universitas PGRI Ronggolawe
  • Edy Nurfalah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

kemampuan literasi matematika, Problem Based Learning, Statistika

Abstract

Mengacu pada studi PISA 2022, Indonesia memiliki skor literasi matematika sebesar 366, yang menjadikan Indonesia berada pada ranking 68 dari 81 negara. Peneliti menemukan bahwa siswa di Kelas VIII SMPN 2 Palang masih memiliki kemampuan literasi matematika yang kurang berdasarkan hasil tanya jawab melalui guru matematika. Oleh karena itu, dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, penelitian ini berfokus melihat perkembangan kemampuan literasi matematis siswa, khususnya materi statistika. Penelitian eksperimen semu ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian yang digunakan ialah nonequivalent control group design. Dua kelompok diberikan tes awal, kemudian perlakuan yang berbeda antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan kemudian post-test atau tes akhir. Dengan menggunakan pengambilan sampel secara acak, kelas B sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebagai kelas kontrol-dipilih untuk penelitian ini. Tes dan observasi adalah prosedur yang digunakan untuk memperoleh data. Karena data, , tidak berdistribusi normal, teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Hal ini memungkinkan penolakan . Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah telah meningkatkan literasi matematika kelas VIII SMP Negeri 2 Palang.

References

Agustin, T., & Mayasari, novi junart. (2022). Pengaruh Model Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas Xi Tkr Smkn 3 Bojonegoro. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) e-ISSN, 1(2), 2829–3363.

Ahmad Khoirudin, Rina Dwi Setyawati, F. N. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa | khoirudin | AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 8(2), 33–42.

Astutik, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Problem Based Learning ( Pbl) Pada Siswa Kelas Vi Sdn Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu. Suparyanto Dan Rosad (2015, 1(3), 562–582.

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871

Genc, M., Erbas, A. K., Guru, A. K. K., Sekolah, M., Matematika, L., Internasional, J., Matematika, P., Teknologi, S., Internasional, J., Matematika, P., Teknologi, S., Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Guru tentang Literasi Matematika Untuk mengutip artikel ini : Konsepsi Guru Matematika Sekolah Menengah tentang Literasi Matematika.

Huda, N., & Khotimah, N. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Litersi Matematika Siswa. Mathema Journal, 02(01), 27–32.

Isnaini, A. N., & Rahayu, T. (2023). Jurnal edukasi biologi. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 112–127.

Khurin’in, Fauziyah, N., & Suryanti, S. (2024). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 5 Dukun. 9(2), 1035–1043.

Noor, N. M., Purwosetiyono, F. X. D., & Wardani, B. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. 4, 136–148.

Nurfalah, E. (2019). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Model PBL Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Jurnal Riset Pembelajaran Matematika. 1, 23–27.

OECD 2023. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Frameword. In Paris: Journal of OECH Publishing.

Ratri, I. R., Nurfalah, E., Keguruan, F., Ilmu, D., Pgri, U., & Tuban, R. (2023). Studi Komparasi Model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tuban Tahun Pelajaran 2022 / 2023. 3, 10985–11001.

Samin. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran dan Efikasi Diri. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 07(01), 21–32.

Widyasari, S., Istihapsari, V., & Widiyati, S. (2024). Kemampuan Literasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem-Based Learning. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 432–440.

Zuliyanti, I., Purwosetiyono, F. X. D., Wibawa, A., & Ariyanto, L. (2024). Efektivitas Model PBL berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik pada Materi Peluang. 4, 198–205.

Downloads

Published

2024-11-22