PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR MINI ZOO PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 3 SENDANGHARJO

Authors

  • Atalia Fatin Syahjuwani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Iis Daniati Fatimah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

miniatur mini zoo, media pembelajaran, meningkatkan hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk menciptakan lingkungan pendidikan berkualitas miniatur mini zoo dengan informasi yang mengelompokkan hewan menurut jenis makanannya, sehingga siswa dapat memahami hasil belajar yang baik dari materi pendidikan mikro. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan R&D Borg and Gall, dimana tahapan model pengembangan R&D adalah permasalahan, pengumpulan data, perancangan produk, perancangan, konstruksi, evaluasi produk, pemeliharaan produk dan produk akhir. Instrumen pengumpulan data menggunakan 1) lembar validasi materi, bahasa dan media, 2) angket respon guru dan siswa, 3) soal pretest dan pottest . Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: 1) Pengembangan lingkungan pendidikan Micro Zoo dinilai sebaik mungkin dengan bukti 92%, analisis bahasa 84% dan bukti 92%, serta lingkungan dilaporkan layak untuk digunakan. 2) Karena persentase guru yang menjawab pertanyaan adalah 94% dan persentase siswa yang menjawab pertanyaan adalah 97%, maka rata-ratanya adalah rata-rata akademik, 3) Tingkat penyelesaian program siswa adalah 87%. Diputuskan bahwa lingkungan belajar miniatur mini zoo dapat diterapkan, praktis dan efektif sebagai lingkungan belajar dalam pendidikan sains.

References

Adisel, A., Suryati, S., Rahyu, V. A., Widiyawati, W., Melinda, M., Tri Juniarti, M. D., Berli, A., Satria, Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Asyhar, R. (2021). Kreatif mengembangkan media pembelajaran.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124Dita, P. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01),73–85. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.679

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185.

Maydiantoro, A. (2021). Model-model penelitian pengembangan (research and development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).

Munadi, Y. (2013). BAB II LANDASAN TEORI A. Tinjauan Media Pembelajaran 3D (tiga dimensi). 16–60.

Nasrulloh, M. F., Khotimah, K., Apriliana, Z. D., Muadhom, M. C., & Puspasetya, T. P. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran 3D Pada Guru PAUD Desa Gabusbanaran. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i1.2148

Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., Claudia Maharani, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar- Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171– 187.

Sari, E., Sumarno, S., & Setya Putri, A. D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analsisis Siswa Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 150. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17761

Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan Addie. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119

Shoufika Hilyana, F., DevyZ, M., Ilma, N., AdristiK, R., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., & Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, F. (2023). Pengembangan Media Mini Zoo Pada Materi Perkembangbiakan Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd 7 Kandangmas. Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 133–138. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v12i2.74146

Wiratsiwi, W. (2019). Tingkat Keefektifan Media Papercraft Struktur Bumi dan Matahari terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gedongombo III Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 133. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13084

Downloads

Published

2024-10-02