PENGGUNAAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DENGAN APLIKASI AKUNTANSIKU BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMK PGRI 2 TUBAN
Keywords:
Aplikasi akuntansi, Siklus Akuntansi, PBLAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus akuntansi perusahaan jasa berbasis aplikasi akuntansiku dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan pada kelas X AKL SMK PGRI 2 Tuban tahun pelajaran 2023/2024 pada bulan April 2024. Subjek penelitian adalah siswa X AKL dengan jumlah responden 27 peserta didik. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket respon siswa. Penelitian ini terdiri dari 3 tahapan siklus. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, lembar observasi guru, lembar angket respon siswa untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah siklus akuntansi perusahaan jasa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X AKL melalui penerapaan siklus akuntansi perusahaan jasa dengan aplikasi akuntansiku berbasis Problem Based Learning yang menunjukan hasil yang positif. Hasil ini ditunjukan pada (1) aktivitas guru siklus I (71%), siklus II (80%), siklus III (85%), sehingga hasil akhir dari aktivitas guru dikategorikan efektif. (2) aktivitas siswa siklus I (68%) siklus II (77%), siklus III (82%), sehingga hasil akhir dari aktivitas siswa dikategorikan aktif. (3) kemampuan berpikir kritis siswa siklus I (58%), siklus II (65%), siklus III (72%), sehingga hasil akhir dari kemampuaan berpikir kritis siswa telah mencapai kategori mampu berpikir kritis. (4) respon siswa keseluruhan memperoleh hasil yang sangat baik, respon positif siswa mencapai 92%. Artinya siswa sangat setuju terhadap penerapan siklus akuntansi perusahaan jasa dengan aplikasi akuntansiku berbasis Problem Based Learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa dapat dikategorikan sangat tinggi.
References
A Benu, F. M. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Sub Materi Kebutuhan Kelas X 5 SMA Negeri Benlutu Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024. Seminar Nasional (PROSPEK 3), Prospek 3, 409–420.
Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., & Ningrum, W. W. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Panduan Praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas:(Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Penerbit LeutikaPrio.
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan generasi emas indonesia tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 3(2), 73–87.
Ernaini, E., Ghazali, A., Surur, M., Utami, P. A., & Fatima, S. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3057–3075.
Faruqi, D. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan belajar siswa melalui pengelolaan kelas. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 294–310.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Jumini, J. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Mampu Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa. Journal of Informatics and Vocational Education, 5(3).
Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53
Ningsih, E. P., & Rizki, S. N. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Ludi Litterarri, 1(1), 11–17.
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi meningkatkan kompetensi 4C (critical thinking, creativity, communication, & collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52.
Rohmahwati, W. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)(Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 19 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). FKIP UNPAS.
Said, S., & Azhar, A. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips3 Pada Materi Ekonomi Di Sma Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 3(2), 75–85. https://doi.org/10.33627/pk.v3i2.397
Sari, D. T., Aula, A. W., Nugraheni, V. A., Dina, Z. K., & Romdhoni, W. (2022). Penerapan pembelajaran berbasis masalah pada siswa sd untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 82–96.
Setiawati, S. (2019). EFEKTIFITAS PROJECT BASED-LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMAN 2 SAPE. PENBIOS: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI DAN SAINS, 4(01), 31–35.
Syafitri, T. M., Wulandari, S., Sari, R. P., & Nurkholis, H. (2023). Pelatihan Pencatatan Laporan Keuangan Berbasis Digital Bagi Kelompok Tani Desa Kayu Manis. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1), 111–118. https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3628