OBSERVASI PERKEMBANGAN KOGNITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN KONDISI TERLAHIR PREMATUR DI TK DHARMA WANITA SIDOMULYO
Keywords:
Perkembangan Kognitif, Pemecahan Masalah, Anak Kelahiran PrematurAbstract
Semua anak yang lahir di dunia mempunyai potensi. Potensi merupakan turunan, ada yang tidak dapat diubah tetapi juga ada yang bisa dibentuk. Potensi yang tidak dapat dirubah yaitu potensi fisik bentuk tubuh seperti, telinga, mata dan hidung Sedangkan potensi yang dapat dirubah dengan cara diberikan stimulus atau rangsangan adalah bakat. Keterlambatan perkembangan anak yang terlahir prematur biasanya mencakup perkembangan motorik, penyesuaian sosial, kognitif dan bahasa. Bayi yang terlahir prematur memiliki masalah pada perkembangan otak dan perkembangan emosinya. Ada beberapa gangguan tumbuh kembang pada bayi di antaranya, gangguan pendengaran dan visual, ketrampilan bahasa, ketrampilan dan perilaku psikomotorik, ketrampilan kognitif dan perkembangan emosioanal. Berdasarkan hasil observasi awal di Lembaga TK Dharma Wanita Desa Sidomulyo Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban ditemukannya 3 anak dengan kondisi terlahir prematur yang perkembangan kognitif dalam pemecahan masalah sangat rendah dan tertinggal dari teman-teman yang seusianya. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan 3 subyek usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Sidomulyo. Hasil penelitian Observasi perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun dengan kondisi terlahir prematur di TK Dharma Wanita Sidomulyo anak yang memiliki kelahiran prematur memilili perkembangan kognitif dalam pemecahan masalah lebih rendah dibandingkan dengan teman seusianya.
References
Adatul’aisy, R., Puspita, A., Abelia, N., Apriliani, R., & Noviani, D. (2023). Perkembangan Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Pembelajaran. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 82–93.
Anurogo, D. (2016). The Art of Medicine. Gramedia Pustaka Utama.
Arora, N. K., Nair, M. K. C., Gulati, S., Deshmukh, V., Mohapatra, A., Mishra, D., … Divan, G. (2018). Neurodevelopmental disorders in children aged 2–9 years: Population-based burden estimates across five regions in India. PLoS Medicine, 15(7), e1002615.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Condrosari, G. Y. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media audio visual anak usia 5-6 tahun di TK PKK Bener Kecamatan Tegalrejo. Pendidikan Guru Paud S-1, 6(4), 376–389.
Dahlia. (2018). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (2018th ed.). Jogjakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Damayanti, K. K. (2023). Proses Pembelajaran dan Perkembangan Kognisi Menurut Perspektif Jean Piaget. Journal of Life Span Development, 1(1).
Halu, S. A. N. (2018). Pengaruh riwayat lahir terhadap perkembangan anak prasekolah di surakarta. Wawasan Kesehatan, 3(2), 51–56.
Marlow, N., Bennett, C., Draper, E. S., Hennessy, E. M., Morgan, A. S., & Costeloe, K. L. (2014). Perinatal outcomes for extremely preterm babies in relation to place of birth in England: the EPICure 2 study. Archives of Disease in Childhood-Fetal and Neonatal Edition, 99(3), F181–F188.
Priyanto, S. U. (2013). Pendidikan musik untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 2(1), 42–52.
Putri, A. K. (2018). Kemampuan Berbahasa Anak Lahir Prematur Usia 2 Tahun. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 45–52.
Sabath, M. (2022). Hubungan Kelahiran Prematur dengan Prestasi Akademik.
Saptari, I. (2022). ANALISIS SOCIAL CAPITAL USAHA KULINER ANGKRINGAN ESDM PAKDE PRAYETNO DI KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI. Universitas Jambi.
Soubasi, V., Velikos, K., Michalettou, I., Papadopoulou, V., Sarafidis, K., Nakas, C., & Drossou-Agakidou, V. (2014). PO-0391 Longitudinal development of language skills in premature infants using bayley scales of infant development-iii. effect of parental education. Archives of Disease in Childhood, 99(Suppl 2), A373.
Sujiono, Y. N. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. ISBN.