ANALISIS UJI VALIDASI AHLI MATERI PADA KEMAMPUAN MEMBEDAKAN HURUF YANG MIRIP DI KELOMPOK A MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING
Keywords:
Quantum learning, Kemampuan membedakan huruf mirip, anak usia diniAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dampak dari model pembelajaran Quantum Learning terhadap kemampuan anak usia 4-5 tahun di TK Baiturrohman Wangun Palang Tuban dalam membedakan huruf yang mirip. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini ialah eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Sampel penelitian melibatkan 20 anak yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu A1 dan A2. Kelompok A1 menerapkan model Quantum Learning, sedangkan kelompok A2 menggunakan metode pembelajaran konvensional secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Quantum Learning mampu meningkatkan kemampuan anak dalam membedakan huruf yang mirip. Validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa materi yang digunakan sangat valid dengan nilai 0,9883, yang dikategorikan sebagai TINGGI dan layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh bahwa mode1 Quantum Learning lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan anak dalam membedakan huruf yang mirip dibandingkan dengan metode pembelajaran klasikal.
References
Abdurahman, A., Setiawati, S., & Christine, S. E. (2023). Pendampingan Pelatihan Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Tenaga Pendidik. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 259–268.
Aminah, S., Mansoer, Z., & Mappapoleonro, A. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membedakan Huruf b, d, dan p melalui Media Sandpaper Letter’s di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 101–107).
Anisa, A., Medriati, R., & Putri, D. H. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 201–208.
Apriliyana, F. N. (2022). Analisis Validitas Media Movable Book Untuk Mengembangkan Bahasa Aud. Golden Childhood Education Journal (GCEJ), 3(1), 34–39.
Ekayati, I. A. S., & Henita, H. (2021). Uji Validitas Media Busy Book Kain Flanel untuk Pembelajaran Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun. Prosiding SNasPPM, 5(2), 180–182.
Fajari, F. W. U., & Zulkarnaen, Z. (2023). Implementasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7933–7939.
Faraz, N., Listyaningsih, B. T., & Anugrahana, A. (2024). Human Tendencies Pada Anak Usia 0-6 Tahun Dengan Metode Montessori: Studi Literatur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7896–7915.
Hayati, F., & Amelia, L. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan bola huruf pada kelompok b di tk mawaddah warahmah aceh besar. Jurnal Buah Hati, 7(1), 65–73.
Istiqomah, N. (2020). Uji Kelayakan Ahli Materi Pada Pengembangan Media Permainan Tradisional Engklek Dikonsep Geometri Anak Usia Dini. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 19–28.
Kertati, I., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., … Arwizet, K. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lestari, N. G. A. M. Y. (2018). Stimulasi membaca permulaan anak usia dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).
Permata, R. D., Yuliasari, U., & Ekayati, I. A. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kiddy Learning Binder untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 433–440.
Sari, N. R., Hayati, F., & Harfiandi, H. (2021). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Kelompok A Di Tk Bungong Seleupok Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Wulansari, R., Huriyah, F. S., Mulyana, E. H., & Qonita, Q. (2023). Peran dan strategi orang tua dalam keterampilan berbahasa anak usia dini. Jurnal Golden Age, 7(2).