PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS QUIZIZZ PAPER MODE MATEMATIKA MATERI PIKTOGRAM DAN DIAGRAM BATANG SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI SUMBERAN
Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, Matematika, Alat evaluasiAbstract
Evaluasi pembelajaran adalah proses pembelajaran yang dilakukan pada saat akhir proses pembelajaran karena berfungsi untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran menurut tujuan pembelajaran yang telah dirancang. Upaya pemerintah dalam meningkatkan pembelajaran di sekolah dengan cara penggunaan media alat evaluasi pembelajaran yang efektif dan efisien. Namun, hasil wawancara yang dilakukan di UPT SD Negeri Sumberan menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode konvensional pada saat pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Sedangkan di sekolah tersedia sarana dan prasana yang memadai dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran berbasis IT. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dirancang untuk membuat alat evaluasi Quizizz Paper Mode untuk siswa SD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa valid, praktis, dan efektif alat evaluasi berbasis Quizizz Paper Mode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data kualitatif dan kuantitatif diperoleh dari saran dan validasi pengguna. Data kuantitatif diperoleh dari angket validasi materi, media, bahasa, dan tanggapan guru dan siswa Kelas IV UPT SD Negeri Sumberan, total 15 siswa. Hasil validasi ahli materi dengan skor 95% valid, hasil validasi ahli bahasa dengan skor 86% valid, dan hasil validasi ahli media dengan skor 96% valid. Hasil angket respons guru dengan skor 86% sangat praktis, dan hasil angket respons siswa dengan skor 86% sangat praktis.
References
Amsul, K. M., Irmayanti, I., Fitriani, F., & P, S. (2022). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA MAN 2 Sinjai. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i1.973
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masayarakat, 6(1), 80–88.
Dewi, H. (2019). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Berbantuan Evaluasi Quizizz Di Sekolah Bersistem Kredit Semester. JMP Online, 3(10), 1298–1313.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ADDIE. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38.
Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427
Juhaeni, Pratiwi, N. O. D., Luthfiyah, R., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Melalui Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SD/MI. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.107
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109
Muzaimah, W. Al, & Wiratama, N. A. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN Boto Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 221–227.
Ni’am, M. K., Saputra, I., Muttaqin, U., & Novianti, D. (2023). Efektivitas Penggunaan Quizizz Paper-mode terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Wiradesa. Prosiding SANTIKA 3: Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 520–528.
Ni’mah, P. S., Wakhyudin, H., & Setyaningsih, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas 4 dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Paper Mode. Seminar Nasional PPG UPGRIS, 1641–1647.
Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Claudia Maharani, S. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Palayukan, H., Rahmi, S., Murniasih, T. R., & Panglipur, I. R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Quizizz Paper Mode Dalam Pembelajaran Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 9(2), 204–215.
Rini, & Zuhdi, U. (2023). Pengaruh Media Quizizz Paper Mode Terhadap Hasil Belajar Materi Penerapan Sikap Pancasila Kelas IV UPT SD Negeri 220 Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 65–74.
Soleha, S., Raditya, A., & Pradja, B. P. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Belajar Matematika Berbasis Quizizz Pada Siswa Smp. Seminar Nasional Matematika UMT, 1–8. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/6846%0Ahttp://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/viewFile/6846/3571
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–26. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.310