VALIDITAS INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS LITERASI NUMERASI PADA MATERI BANGUN RUANG PRISMA DAN LIMAS KELAS 8 SMP
Keywords:
Validitas, Instrumen Penilaian, Literasi NumerasiAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna menguji validitas dari pengembangan instrumen penilaian berbasis literasi numerasi pada materi bangun ruang prisma dan limas kelas 8 SMP. Instrumen penilaian yang dikembangkan berdasarkan indikator literasi numerasi dan materi bangun ruang prisma dan limas. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi oleh validator ahli materi dan ahli media serta uji validitas empiris dengan validitas butir soal. Penelitian ini menyatakan bahwa instrumen penilaian yang telah dikembangkan mendapat nilai rata-rata sebesar 4,4 dari ahli materi dengan kriteria sangat baik, dan sebesar 4,1 dari ahli media dengan kriteria baik. Sedangkan untuk uji validitas empirik memenuhi kriteria bahwa pada tiap butir soal sehingga instrumen penilaian yang dikembangkan dapat dinyatakan valid.
References
Afrita, M. & Darussyamsu, R. (2020). Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Materi Sistem Respirasi di Kelas XI SMA. Mangifera Edu, 4(2), 129–142. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.83
Apipah, I., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Pengembangan Instrumen Soal Literasi Numerasi pada Materi Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3083–3092. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2606
Apriatni, S., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan Instrumen Literasi Numerasi Materi Trigonometri Kelas X Sma. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 185. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.13720
Ariawan, R., Nufus, H., Nurdin, E., & Fitriani, D. (2024). Pengembangan Instrumen Kemampuan Literasi Numerasi Berbasis HOTS. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 789–800.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. PT. Bumi Aksara.
Darmayani, M. . (2023). Pengembangan Instrumen Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Kemendikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185.
Megawati, L. A. M., & Sutarto, H. (2021). Analysis Numeracy Literacy Skills in Terms of Standardized Math Problem on a Minimum Competency Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education, 10(2), 155–165. https://doi.org/10.15294/ujme.v10i2.49540
Nisa, F. K. (2022). Pengembangan instrumen penilaian berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) numerasi untuk mengukur hasil belajar peserta didik [Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60545
Nurmala, R., Fikriani, T., & Ayu, C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 140–147. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2.3194
OECD. (2018). Pisa 2022 Mathematics Framework. https://pisa2022-maths.oecd.org/files/PISA 2022 Mathematics Framework Draft.pdf
Rahayu, P., & Ulul, E. D. (2018). Validitas lembar kerja mahasiswa berbasis konstruktivisme pada mata kuliah kapita selekta matematika II. Jurnal Teladan, 3(2), 111–119.
Suariantini, N. N. G., Werang, B. R., & Astawan, I. G. (2023). Instrumen Asesmen Numerasi Online Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of …, 3. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/930%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/930/767
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Edisi 2. Alfabeta Bandung.