PENGEMBANGAN MEATWALL (MEDIA INTERAKTIF WORDWALL) PADA PELAJARAN IPAS MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
MEATWALL, IPAS, tahap pengembanganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran online interaktif yaitu MEATWALL (Media Interaktif Wordwall) untuk digunakan dalam mata pelajaran Alam dan Sosial (IPAS) dan untuk menyediakan sumber daya ekosistem kepada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keberagaman dan minat terhadap berbagai platform pembelajaran yang digunakan, serta terbatasnya partisipasi dan interaksi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan ADDIE lima fase: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pada tahap analisis, wawancara dan observasi digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi guru dan siswa pada mata kuliah IPA. Tahap desain meliputi pemilihan bahan ajar, perancangan bahan pembelajaran, dan penyusunan pertanyaan. Departemen pengembangan harus memiliki verifikator ahli, termasuk auditor ahli bahasa, auditor aset, dan auditor media. Implementasinya melalui tes media kepada siswa Kelas V SD Kebolati Plumpang. Evaluasi dilakukan melalui validasi ahli materi, bahasa, dan media, termasuk analisis hasil tes siswa dan soal yang dijawab siswa dan guru. Hasil tes siswa dianalisis untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan, dan angket siswa dan guru digunakan untuk mengetahui tingkat efektivitas konten yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media MEATWALL mempunyai daya, efisiensi dan efektifitas yang tinggi. Hal ini meningkatkan partisipasi dan interaksi siswa dalam pembelajaran serta memudahkan guru dalam mengajarkan materi. Oleh karena itu, MEATWALL dapat menjadi cara yang inovatif dan efektif untuk membantu siswa dalam mempelajari mata pelajaran IPA.
References
Amanda, N., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Budel (Buku Berjendela) pada Tema Keluargaku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 97-104.
Anggita, A. D., Subekti, E. E., Prayito, M., & Prasetiawati, C. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ipas Di Kelas 4 Sd N Panggung Lor. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 78-84.
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-Book Dengan Aplikasi Book Creator Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar: Studi kasus di SD Negeri Sugihan 01 Kelas V. Prosiding SNasPPM, 6(1), 80-88.
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan word wall game quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 324-332.
Azizah, T. N. A., Arifin, S., & Puspitasari, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Wordwall dalam Menunjang Pemahaman Konsep Siswa: Indonesia. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3168-3175.
Dinah, A. J. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SDN Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri Gekbrong 1 Kabupaten Cianjur Pembelajaran Tematik Tahun Ajaran 2022/2023) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Firdaus, F. A., & Mizan, S. (2022). Pengembangan Media Kotak Misteri Bangun Ruang Siswa Kelas Vi SDN I Brondong Lamongan. Prosiding SNasPPM, 7(1), 301-307.
Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. E. (2022). The influence of word wall on students’ interest and learning outcomes. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 211-223.
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884-6892.
Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176-188.
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran daring (quizizz, sway, dan wordwall) kelas 5 di sd Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552-560.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran online berbasis game edukasi wordwall tema indahnya kebersamaan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093-4100.Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599-603.
Purwaningrum, G. I., Wenda, D. D. N., & Putri, K. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Match Up Berbasis Game Wordwall Pada Materi Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Balongase (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Sari, A. N., Kholida, A., Firdaus, D. N., & Trisnawati, P. (2023). Penggunaan Media Wordwall sebagai Evaluasi Pembelajaran Organ Pernapasan pada Hewan Kelas V di SDN 3 Nagri Kaler. Journal on Education, 5(2), 1965-1973.
Sari, M. F. B., & Amini, R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu. vol, 6, 3.
Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya Membangun Kedisplinan melalui Media Wordwall dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1845-1857.
Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.