PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA SIKLUS AIR (DIOSIR) PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 3 SENDANGHARJO

Authors

  • Elsa Kholishotin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Iis Daniati Fatimah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Diorama Siklus Air (Diosir), Pembelanjaran, IPAS

Abstract

Dalam mempelajari IPAS, siswa lebih sering di hadapkan dengan konsep-konsep yang bersifat abstrak, banyaknya istilah asing dan nama-nama ilmiah sehingga tidak semua siswa menguasai kompetensi seperti yang di harapkan, Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang mengikuti model pengembangan ADDIE, yang terdiri lima tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Berdasarkan keseluruhan penilaian produk Diosir mendapat penilaian validasi ahli media sebesar 84%, ahli materi sebesar 90% dan penilaian ahli bahasa mendapat nilai dengan presentase sebesar 88% penilaian ketiga ahli dinyatakan ke dalam kriteria valid. Diosir juga mendapatkan presentase nilai sebesar 90% oleh angket respon guru dan 97% dari angket respon siswa, dan masuk ke dalam kriteria sangat praktis. Untuk hasil tingkat keefektifan mendapatkan nilai sebesar 91% dan dinyatakan efektif. Jadi media diorama siklus air (diosir) dinyatakan layak dan valid untuk digunakan, serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

References

Amalia, M. D., Agustini, F., & Sulianto, J. (2017). Pengembangan media diorama pada pembelajaran tematik terintegrasi tema indahnya negeriku untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal penelitian pendidikan, 20(2), 185-198.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Asyhar, R. (2021). Kreatif mengembangkan media pembelajaran.

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).

Harahap, M., & Siregar, L. M. (2018). Mengembangkan sumber dan media pembelajaran. Educational, January, 10(2).

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.

Juhaeni, S., Nurhayati, R., & Tanzila, A. N. (2020). Konsep dasar media pembelajaran. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 34-43.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal pemikiran islam, 37(1).

Maydiantoro, A. (2021). Model-model penelitian pengembangan (research and development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).

Maulana, A., Israwati, I., & Syafrina, A. (2022). Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air di Kelas V SDN 52 Banda Aceh. Elementary Education Research, 7(4).

Nisaa, N. O. S., & Wiratsiwi, W. (2022). Kevalidan Media Permainan Paes-Sle Berbasis Pendidikan Karakter Pada Anak Tunagrahita Di SD Inklusi. ELENOR: Elementary School Journal, 1(1), 33-43.

Siregar, H. T. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 215-226.

Sofran, E., & Masri, S. (1995). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Utami, T. A. S. Penerapan Media Diorama dari Barang Daur Ulang dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII MTs Al-Hamidiyah Depok Tahun Pelajaran 2022/2023 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Wiratsiwi, W. (2019). Tingkat Keefektifan Media Papercraft Struktur Bumi dan Matahari Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gedongombo III Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(1), 133-141.

Downloads

Published

2024-10-02