PENGEMBANGAN MEDIA MONSILA (MONOPOLI PANCASILA) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Media MONSILA, Pendidikan Pancasila, Hasil BelajarAbstract
Pengembangan media MONSILA (Monopoli Pancasila) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena dengan adanya media pembelajaran sangat membantu pendidik maupun peserta didik agar pembelajaran lebih efisien dan mudah dipahami. Jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan media MONSILA (Monopoli Pancasila) ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV di UPT SD Negeri Sumurgung. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatifdan kuantitatif. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, serta kuesioner untuk guru dan siswa, dan lembar tes siswa. Evaluasi menunjukkan bahwa media MONSILA mendapatkan penilaian validasi yang sangat baik, yaitu 86% dari ahli materi, 84% dari ahli bahasa, dan 96% dari ahli media. Setelah perbaikan, media ini di uji coba di lapangan. Kuesioner tanggapan guru mencatat skor 91,11%, sementara tanggapan siswa mencapai 92,36%. Hasil tes siswa menunjukkan efektivitas media ini dengan tingkat ketuntasan klaksikal sebesar 81,81%. Data dari kuesioner dan tes siswa menegaskan bahwa media MONSILA (Monopoli Pancasila)yang dikembangkan adalah valid dan praktis.
References
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-Book Dengan Aplikasi Book Creator Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar: Studi kasus di SD Negeri Sugihan 01 Kelas V. Prosiding SNasPPM, 6(1), 80-88.
Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran blended learning berbasis edmodo pada mata kuliah fisika dasar di program studi pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19-33.
Lubis, M. A., Dalimunthe, H., & Azizan, N. (2022). Model-Model Pembelajaran PPKn di SD/MI Teori dan Implementasinya untuk Mewujudkan Pelajar Pancasila. Samudra Biru.
Melero, J., & Hernández-Leo, D. (2014). A model for the design of puzzle-based games including virtual and physical objects. Journal of Educational Technology & Society, 17(3), 192-207.
Mustakim, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1-10.
Nugraha, A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 71-82.
Nurgiansah. (2021). Pendidikan Pancasila: Konsep, Tujuan, dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2017). Permainan monopoli engklek jelajah budaya Pati untuk pembelajaran tematik. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Muria Kudus, 6371.
Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.
Said, A. (2020). Pendidikan Pancasila: Upaya Penanaman dan Pengembangan Nilai-Nilai Pancasila kepada Generasi Muda Indonesia. Jurnal Pendidikan Pancasila, 2(1), 1-10.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Ulfaeni, S. (2017). Pengembangan media monergi (monopoli energi) untuk menumbuhkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 136-144.
Winarni, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Model ADDIE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tema 7 Kelas 4 di SDN 1 Purwosari Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 226-239.
Wiratsiwi, W. (2019). Tingkat Keefektifan Media Papercraft Struktur Bumi dan Matahari terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gedongombo III Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 133.
Wulandari, C. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PJOK Kelas IV SDN 1 Mojokerto. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 1-10.