PENGEMBANGAN MEDIA TREE CHART DALAM PEMBELAJARAN PKN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI KELAS V SD
Keywords:
ADDIE, Penelitian dan pengembangan, Media, Tree chartAbstract
Para peneliti bermaksud menelusuri evolusi peran media diagram pohon dalam pendidikan PKN. Selain itu, untuk mengetahui seberapa praktis dan efektif media Diagram Pohon, seberapa validnya, dan seberapa baik dalam mengilustrasikan poin-poin tertentu. Penelitian ini memanfaatkan metodologi R&D (Research and Development). Pada tahun 2024, 22 siswa kelas lima dari MI Muhammadiyah III Wedung berpartisipasi dalam penelitian ini pada topik PKN. Pendekatan ADDIE, yang terdiri dari lima langkah analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi digunakan untuk menganalisis dan mengevaluasi data penelitian ini. Nilai rata-rata meningkat dari 75 menjadi 94,5 menurut hasil penelitian. Pada saat yang sama, 83,5% siswa dianggap efektif. Dengan demikian, masuk akal untuk mengatakan bahwa media diagram pohon ini sah, bermanfaat, dan praktis.
References
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Khairunisa, W., & Damayanti, S. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Suatu Negara pada Generasi Milenial Abad-21. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 35. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1209
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303
Muruganantham, G. (2015). Developing of E-content package by using ADDIE Model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52–54. www.allresearchjournal.com
Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.
Putra, A., Damayanti, P. S., Srirahmawati, I., & Purnawati, S. (2022). Pengembangan Media Bagan Pohon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(2), 85. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.85-93
Putri, F. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pembelajaran PKn sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7362–7368.
Santoso, G., Karim, A. A., Maftuh, B., Sapriya, & Murod, M. (2023). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi melalui Kajian Filosofis Pembukaan UUD 1945 Indonesia Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif (JUPETRA), 2(1), 297–311. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/137
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Hartati Rismauli, N. U. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling ٥ م ل ع ي م ل ا م ن سن ل ۡ ِ ل ق ل ٱ ِ ب م ل ع ي ِ ل َّ ٱ ِ ٱ م ل ع ٤ م. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358
Ibrahim Maulana Syahid, Nur Annisa Istiqomah, & Azwary, K. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://doi.org/10.62504/jimr469
Ichsan, J. R., Suraji, M. A. P., Muslim, F. A. R., Miftadiro, W. A., & Agustin, N. A. F. (2021). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (Snhrp-III 2021), 183–188.
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303
Muruganantham, G. (2015). Developing of E-content package by using ADDIE Model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52–54. www.allresearchjournal.com
Rochani, Maryati, T., Choinun Salsabila, A., Putri Sabila, A., Sulistia Rahmawati, A., Rindiyani, D., Ikeyashah Mahrani, F., Handayani, F., Ba, I., Rayi Pangestika, W., Nopia Rizki, Y., & Rahayu Ningsih, Y. (2023). Profil Karir Bimbingan Konseling Di Sekolah: Pendekatan Kuantitatif Melalui Analisis Angket Kebutuhan Peserta Didik. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1), 50–57. https://gudangjurnal.com/index.php/gjmi/article/view/147