PENGEMBANGAN E- MODUL INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 1 BLIMBING
Keywords:
E- Modul, pendekatan saintifik, hasil belajarAbstract
Pembelajaran dengan bantuan teknologi dapat memberi kemudahan memahami bagi peserta dalam konsep pembelajaran, serta meningkatkan semangat belajar karena penyajian materi dibuat menarik perhatian peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu; (1) mendeskripsikan proses pengembangan E- Modul Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik, (2) mengetahui tingkat kevalidan E- Modul Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik, (3) mengetahui tingkat kepraktisan dari E- Modul Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik, (4) mengetahui tingkat keefektifan dari E- Modul Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik. Pengembangan ini memanfaatkan model ADDIE tersusun atas 5 (lima) tahapan diantaranya “analiyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi)”. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan data memanfaatkan lembar wawancara, lembar observasi, angket (kuisioner), lembar tes hasil peserta didik dan lembar angket validasi. Teknik analisis data yang dimanfaatkan merupakan analisis data kevalidan, data kepraktisan serta data keefektifan. E- modul interaktif berbasis pendekatan saintifik sangat valid untuk meningkatkan hasil belajar dengan validasi ahli materi memperoleh 90% dalam kategori sangat valid, ahli media memperoleh 92% dalam kategori sangat valid, dan ahli bahasa memperoleh 90% dalam kategori sangat valid. Dari dari hasil tes siswa kategori efektif dengan N-Gain score 0,77. Hasil uji kepraktisan dalam kategori sangat praktis respon guru 98% untuk respon siswa 95%. Dari hasil penelitian ini mampu diperoleh kesimpulan terkait pengembangan E- Modul Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik disebut sangat valid, sangat praktis, serta efektif agar dimanfaatkan untuk aktifitas pembelajaran.
References
Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 150–157. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.467
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 919–927. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.472
Cheva, V. K., & Zainul, R. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur untuk SMA/MA Kelas X. EduKimia, 1(1). https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104077
Dinatha, N. M., & Kua, M. Y. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Digital Berbasis Nature of Science (NOS) untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Journal of Education Technology, 3(4), 293. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22500
Fazriati, V., Khoerunisa, Y., Sopiana, A. R., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan EMOIN (E-Modul Interaktif) PAI untuk Pembentukan Akhlak Peserta Didik Sekolah Dasar. 7.
Habidah, M. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Marketing Kompetensi Dasar Menganalisis Segmentasi Pasar di Kelas X SMK Negeri 1 Jombang. 8(3).
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Hidayati Azkiya, M. Tamrin, Arlina Yuza, & Ade Sri Madona. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Khotimah, U. (2022). Pengaruh Teknologi Terhadap Pembelajaran Abad 21. https://doi.org/10.31237/osf.io/jfr4v
Kirono, S., & Kom, M. (2020). Mitra Bestari (Staff Ahli).
Melinda, T., Nuryadin, A., & Nugraha, A. (2024). Pengembangan e-modul IPAS berbasis pendekatan saintifik materi perubahan energi di sekolah dasar. 07(01).
Nuryadin, A., Lidinillah, D. A. M., & Muharram, M. R. W. (2021). Pre-Service Teachers’ Experiences in Developing Digital Learning Designs using ADDIE Model Amid COVID-19 Pandemic. Jurnal Basicedu, 5(5), 4013–4025. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1446
Oktaviani, I., & Desyandri, D. (2023). E-Modul IPAS Berbasis Aplikasi Flip Pdf Corporate Untuk Mendukung Implementasi “Kurikulum Merdeka” di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(1), 13. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i1.14400
Ramadhan, W., Meisya, R., Jannah, R., & Putro, K. Z. (2023). E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i2.27262
Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(1), 59. https://doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.112
Satriawati, H. (n.d.). Diajukan kepada Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan.