VALIDASI AHLI MEDIA PERMAINAN MONIKA (MONOPOLI MATEMATIKA) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Isy Kamalia Arifah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dwi Imam Efendi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Validasi ahli., Monika (Monopoli Matematika)., Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian merupakan pengembangan alat pembelajaran untuk anak usia dini berupa permainan monika (monopoli matematika) pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ngesng. Tujuan dari riset ini untuk menguji kelayakan media permainan monika. Penelitian ini memakai metode Research and Development (R&D) dengan tahapan dari Borg dan Gall serta Sugiyon: 1. Potensi dan masalah, 2. Pengumpulan data, 3. Desain Produk, 4. Validasi desain, 5. Revisi desain, 6. Uji coba produk, 7. Revisi produk, 8. Uji coba pemakaian, 9. Revisi produk final, 10. Produksi masal. Dalam menganalisis penelitian ini memakai jenis data kuantitatif, didapat dari data penilaian angket oleh pemeriksa konsultan materi dan pemeriksa konsultan media. Hasil verifikasi dari pakar materi dan pakar media mengungkapkan yaitu alat permainan “Monika" layak digunakan dengan jumlah penilaian kelayakan dari ahli materi 90% memakai klasifikasi “Sangat layak”, dan jumlah kelayakan ahli media 95,6% dalam klasifikasi “Sangat layak”, di klasifikasi kelayakan dari keseluruhan mendapatkan hasil 92,8% yang termasuk dalam kategori “Sangat layak”, dapat dibuat kesimpulan bahwa media permainan Monika “Sangat layak” dipakai dalam pembelajaran anak usia 5-6 tahun.

References

Apriyansyah, C. (2018). Peningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Permainan. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 5(1), 46-63.

Fadlillah, M. (2016). Pengembangan permainan monraked sebagai media untuk mestimulasi kecerdasan logika matematika anak usia dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 9-23.

Gradini, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Mengurutkan Bilangan Melalui Meronce. Jurnal As-Salam, 1(2), 156-166.

Hasan, S. H., & Larumbia, L. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Praktikum Fisika Teknik Menggunakan Video Tutorial. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 271-277.

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna, 2(2), 15-28.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal golden age, 2(01), 01-12.

Lily, N. M., Khotimah, N., & Maarang, M. (2023). Efektivitas Permainan Tradisonal Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 296-308.

Ningsih, N., Fitri, R., Widayati, S., & Maulidyah, E. C. (2023). Pengembangan Media “Moku” (Monopoli Negaraku) untuk Mengenalkan Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 237-254.

Noviyanti, S., & Hasibuan, R. (2018). Pengaruh media celemek angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok A di TK Tribuana Sooko Mojokerto. Jurnal Teratai, 7(2).

Riana, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Metode Bermain Monopoli. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01).

Romlah, M., Kurniah, N., & Wembrayarli, W. (2016). Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui kegiatan bermain sempoa. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 72-77.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. Edisi, 2(3), 435-448.

Ula, K., Hasibuan, R., & Izzati, U. A. (2023). Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3955-3962.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.

Downloads

Published

2024-11-22