PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA
Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model konvensional, TrigonometriAbstract
Penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa aktivitas belajar siswa masih rendah, yang mengakibatkan hasil belajar matematika siswa yang rendah. Penelitian kuantitatif ini memanfaatkan eksperimen desain kontrol grup pre-test dan post-test untuk menentukan apakah ada peningkatan dalam hasil belajar matematika siswa yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah terhadap siswa di kelas X SMA Negeri 1 Paciran. Populasi penelitian terdiri dari Seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Paciran yang terdiri dari 324 siswa. Sampel penelitian dipilih secara cluster random sampling dari 36 siswa di kelas XE1 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa di kelas XE5 sebagai kelas kontrol, masing-masing diberi perlakuan model pembelajaran yang berbeda yaitu pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Tes dan observasi adalah dua metode pengumpulan data yang digunakan. Tes digunakan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar. Selain itu, observasi digunakan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah berjalan atau tidak dalam pembelajaran baik yang terlihat pada aktivitas guru maupun siswa. Berdasarkan teknik analisis data Man-Withney yang digunakan. Rata-rata skor post-test siswa di kelas eksperimen adalah 80,25, dan rata-rata skor post-test siswa di kelas kontrol adalah 70,00. Dari rata-rata tersebut kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 53% sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 46%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi trigonometri siswa kelas X SMA.
References
Ali, L. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 309-318.
Apoliano Da Conceicao, E. S., Garak, S. S., & Udil, P. A. (2023). Analisis Hasil Belajar Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(1), 37-49.
Dimyati, D. (2003). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta. Gordon Dryden & Jeannette Vos.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.
Febriyanti, N. D., Hartati, S. J., & Setiawan, W. (2023). Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Contesxtual Teaching and Learning (CTL) Pada Pokok Bahasan Trigonometri. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(2), 114-121.
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi keterampilan abad 21 melalui penerapan model problem based learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77-85.
Haryono, C. G. (2020). Ragam metode penelitian kualitatif komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher).
Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43-52.
Ilhamsyah, I. (2023). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Siswa Yang Pembelajarannya Melalui Model Problem Based Learning Dengan Reciprocal Teaching. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 3(2), 95-106.
Mahendra, K., Sumantri, M., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Mussafah, M., & Aprinastuti, C. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 2 SD Kanisius Kadirojo. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(3), 98-104.
Ngalimun. (2014). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pessindo.
Putri, H. R., & Solfitri, T. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pi: Mathematics Education Journal, 7(1), 30-39.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung
Tinambunan, R. R., Pratiwi, S., Ulandari, N., & Ni’mah, N. T. A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 10-10.